PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DENGAN KOVARIABEL MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS V SDN.1 SEMARAPURA TENGAH

Main Authors: ., NI MADE SUARDANI, ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2013
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1033
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1033/781
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, setelah diadakan pengendalian terhadap variabel motivasi berprestasi, pada siswa Kelas V di SDN 1 Semarapura Tengah. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V pada tahun pelajaran 2013/2014 yang ada di SDN 1 Semarapura Tengah dengan sampel berjumlah 50 orang siswa yang dipilih dengan teknik random sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS, dengan kovariabel motivasi berprestasi. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan statistik anakova. Berdasarkan hasil analisis, diketahui terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, dimana hasil belajar IPS siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (rata-rata = 33,16) lebih tinggi dari siswa yang diberi pembelajaran konvensional (rata-rata = 28,68). Hasil ini konsisten meskipun dilakukan pengendalian terhadap motivasi berprestasi siswa.Kata Kunci : Jigsaw, hasil belajar IPS, motivasi berprestasi The aim of this study was to know the differentiation result of social studies learning between the cooperative learning on jigsaw strategy with the conventional strategy after controlling toward the achievement motivation variable on the fifth grade students of SDN 1 Semarapura Tengah. This research used quasi experimental by using Posttest- Only Control Group Design. The population in this research was all of the fifth grade students of SDN 1 Semarapura in academic year 2013/2014. The sample was chosen by using random sampling technique. Independent variable in this research was cooperative learning on jigsaw strategy, meanwhile dependent variable in this research was the result of social studies learning. Covariable in this research was achievement motivation. The data needed in this research was collected by using questionnaire and test. The data was analyzed by using statistic anacova. Based on the result of the analyses, it was stated that there was a difference on the result of the social studies students on cooperative learning model on jigsaw strategy with the students on conventional strategy. The result of group students on social studies by using cooperative learning on Jigsaw strategy was (mean = 33,16) higher than the group of students on conventional strategy (mean = 28,68). Based on the result, it was consistent although the controlling was done toward the achievement motivation.keyword : Jigsaw, the achievement of social studies students, achievement motivation