IMPLEMENTASI TEKNIK BERMAIN PERAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL EMOSIONAL DAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN DAWAN KABUPATEN KELUNGKUNG TAHUN AJARAN 2012/2013
Main Authors: | ., NI KETUT SULASTRI, ., Prof. Dr. Nyoman Dantes, ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2013
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1031 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1031/779 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganlisis dan mendeskripsikan peningkatan sikap sosial emosional dan kemampuan berbahasa anak, melalui implementasi teknik bermain peran.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Dawan Kabupaten Kelungkung, yang berjumlah 20 orang anak. Metode pengumpulan data dengan mengadakan observasi, sikap sosial emosional dan kemampuan berbahasa anak, analisis data menggunakan deskripsi dan analisis. Dalam penelitian ini ditemukan peningkatan sikap sosial emosional sebesar 38.88, dan kemampuan berbahasa sebesar 40.67 dari siklus I ke siklus II. Karena anak-anak belajar dengan mendapatkan pengalaman langsung, dan dapat berinterksi dengan teman, guru maupun yang lainnya. Kendalanya penerapannya memerlukan persiapan yang matang terutama dalam menyiap-kan peran-peran yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari anak. Dengan demikian berarti implementasi teknik bermain peran dapat meningkatkan sikap sosial emosional dan kemampuan berbahasa anak secara signifikanKata Kunci : teknik bermain peran, sikap sosial emosional, kemampuan berbahasa This study aims to analyze and describe increase emotional social and attitudes a child's language skills, through implementation techniques role. Research play this a classroom action research, Group B study subjects District Kindergarten Negeri Pembina Dawan Klungkung regency, which amounts to 20 children. Methods of data collection by conducting observations, emotional and social attitudes child's language skills, data analysis using the description and analysis. In the present study found increased emotional social attitudes of38.88, and 40.67 of the ability to speak for the cycle I to the cycle II. Because children learn by direct experience, and can to interact with friends, teachers and others. The obstacles application requires good preparation, especially in preparing the appropriate roles to the child's everyday life. with thereby the implementation of role-playing techniques can improve the emotional and social attitudes child's language abilities significantlykeyword : role playing techniques, social emotional attitude, the ability to speak