PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NO. 1 KEROBOKAN KECAMATAN KUTA UTARA KABUPATEN BADUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Authors: | ., NI LUH SANTIASIH, ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA, ., Dr. I Nyoman Tika,M.Si |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2013
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1029 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1029/777 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA dengan menggunakan rancangan penelitian the posttest-only control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V di SD No.1 Kerobokan dengan jumlah sampel sebesar 99 siswa, dibagi menjadi kelompok kontrol dan eksperimen. Data sikap ilmiah siswa dikumpulkan menggunakan metode kuesioner dan data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan menggunakan metode tes. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA secara signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran konvensional (F=67,991; p