Pengembangan Rubrik Penilaian Untuk Digunakan Guru Dalam Menilai Hasil Tulisan Siswa SMA = Developing Writing Assessment Rubric For Teacher To Assess High School Students? Writing
Main Authors: | Harjuli Surya Putra, author, Add author: Grace Josephine Tiwon Wiradisastra, supervisor, Add author: Sisilia Setiawati Halimi, examiner, Add author: F.X. Rahyono, examiner |
---|---|
Format: | Masters Doctoral |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://lib.ui.ac.id/detail?id=20314312 |
Daftar Isi:
- <b>ABSTRAK</b><br> Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah rubrik penilaian tulisan, khususnya tulisan discussion. Rubrik ini dibuat sesuai dengan standar penilaian pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di tingkat SMA untuk dapat digunakan guru dalam menilai hasil tulisan siswa. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada dua orang guru Bahasa Inggris di SMA Negeri 8 dan 15 Kota Tangerang diketahui bahwa bentuk penilaian terhadap hasil tulisan siswa kelas XI IPA dilakukan dengan hanya memberikan poin atau nilai tanpa kriteria yang jelas. Penilaian seperti ini cenderung subjektif, tidak akurat, dan tidak sesuai dengan bentuk penilaian yang telah diamanatkan dalam KTSP. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan penggunaan rubrik penilaian. Pengembangan rubrik ini dilakuan melalui 7 tahap pengembangan, yaitu penelitian dan pengumpulan data awal, perencanaan, pembuatan produk awal, uji coba awal, perbaikan produk awal, uji coba lapangan, dan perbaikan produk operasional. Pada pengembangan rubrik ini diambil 16 hasil tulisan siswa. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menganalisis dan menilai buram 1 yang ditulis siswa, buram 2 hasil perbaikan tulisan siswa, hasil uji kuesioner dan wawancara pertama mengenai format rubrik yang telah jadi, dan hasil uji kesioner dan wawancara kedua mengenai manfaat rubrik dalam membantu siswa memperbaiki tulisan pada buram 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan rubrik dapat meningkatkan rerata nilai pada tiap kategori penilaian dan siswa menganggap penggunaan rubrik ini efektif dalam membantu mereka memperbaiki tulisan. <hr> <b> Abstract </b><br> This research aims at developing a writing assessment rubric for a discussion text. This rubric is made in accordance with the assessment standard of the current Senior High School curriculum, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) to be used by the teachers. Based on observations made of two high school English teachers at SMA Negeri 8 dan 15 Kota Tangerang , it was found that the assessment of students' writing in class XI was done by simply giving points or grades without any clear criteria. Such assessments tend to be subjective, inaccurate, and are not helpful for students. One way to overcome this is to use an assessment rubric. The development of this rubric was done through 7 stages of development, namely research and information collection, planning, developing premilinary forms of the product, premilinary field testing, main product revision, main field testing, and operational product revision. The development of this rubric is based on 16 students' writing. Analysis of data in this study was conducted by analyzing and assessing students' writing in first and second drafts as well as the results of the first and second questionnaires and interviews. The results show that the use of assessment rubric can significantly increase the students? average score for every assessment category. Furthermore, the students consider using the rubric is effective in helping them improve their writing.