Pengaruh harga diri dan pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan (pakem) terhadap mutu kehidupan sekolah dasar di Kabupaten Subang

Main Authors: Rakean Sundayana, author, Add author: Amy Yayuk Sri Rahayu, supervisor, Add author: Mohammad Riduansyah, examiner, Add author: Lina Miftahul Jannah, examiner, Add author: Tafsir Nurchamid, examiner
Format: Masters Doctoral
Terbitan: Universitas Indonesia , 2010
Subjects:
Online Access: https://lib.ui.ac.id/detail?id=136266
ctrlnum 136266
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><type>Thesis:Masters</type><title>Pengaruh harga diri dan pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan (pakem) terhadap mutu kehidupan sekolah dasar di Kabupaten Subang</title><creator>Rakean Sundayana, author</creator><creator>Add author: Amy Yayuk Sri Rahayu, supervisor</creator><creator>Add author: Mohammad Riduansyah, examiner</creator><creator>Add author: Lina Miftahul Jannah, examiner</creator><creator>Add author: Tafsir Nurchamid, examiner</creator><publisher>Universitas Indonesia</publisher><date>2010</date><subject>Learning -- Active learning</subject><description>Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui fenomena dan gambaran aspek yang berkaitan dengan harga diri dan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan yang bertujuan untuk menjelaskan seberapa besar pengaruhnya terhadap mutu kehidupan sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur dimana data diungkap dengan menggunakan instrument kuisioner dan interview. Responden dari penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas 6 di Kabupaten Subang yang diambil melalui sampel untuk mewakili populasi sebanyak 301 siswa melalui pendekatan multistage random sampling. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh harga diri dan pembelajaran aktif, kreatif efektif dan menyenangkan secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap mutu kehidupan sekolah dasar di Kabupaten Subang sebesar 44,10% sedangkan sisanya 55,90% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. &lt;hr&gt; This study aimed at identifying phenomena and presenting aspects related to selfesteem and active, creative, effective, and joyfull learning in order to describe their effects on the quality of primary school life in Subang District. The research method used path analysis. Data were collected by questionnairs and interviews. The respondents of this study were 6th Grade students of primary schools in Subang District and were through multistage random sampling to represent the population of approximately 301 students. The results of the study indicated that, togetherly, self-esteem, and active, creative, effective, and joyfull learning explained 44.10% effect on the quality of school life. The rest (55.90%) was explained by other factors unaccounted in this study.</description><identifier>https://lib.ui.ac.id/detail?id=136266</identifier><recordID>136266</recordID></dc>
format Thesis:Masters
Thesis
Thesis:Doctoral
author Rakean Sundayana, author
Add author: Amy Yayuk Sri Rahayu, supervisor
Add author: Mohammad Riduansyah, examiner
Add author: Lina Miftahul Jannah, examiner
Add author: Tafsir Nurchamid, examiner
title Pengaruh harga diri dan pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan (pakem) terhadap mutu kehidupan sekolah dasar di Kabupaten Subang
publisher Universitas Indonesia
publishDate 2010
topic Learning -- Active learning
url https://lib.ui.ac.id/detail?id=136266
contents Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui fenomena dan gambaran aspek yang berkaitan dengan harga diri dan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan yang bertujuan untuk menjelaskan seberapa besar pengaruhnya terhadap mutu kehidupan sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur dimana data diungkap dengan menggunakan instrument kuisioner dan interview. Responden dari penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas 6 di Kabupaten Subang yang diambil melalui sampel untuk mewakili populasi sebanyak 301 siswa melalui pendekatan multistage random sampling. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh harga diri dan pembelajaran aktif, kreatif efektif dan menyenangkan secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap mutu kehidupan sekolah dasar di Kabupaten Subang sebesar 44,10% sedangkan sisanya 55,90% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. <hr> This study aimed at identifying phenomena and presenting aspects related to selfesteem and active, creative, effective, and joyfull learning in order to describe their effects on the quality of primary school life in Subang District. The research method used path analysis. Data were collected by questionnairs and interviews. The respondents of this study were 6th Grade students of primary schools in Subang District and were through multistage random sampling to represent the population of approximately 301 students. The results of the study indicated that, togetherly, self-esteem, and active, creative, effective, and joyfull learning explained 44.10% effect on the quality of school life. The rest (55.90%) was explained by other factors unaccounted in this study.
id IOS18069.136266
institution Universitas Indonesia
institution_id 51
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Indonesia
library_id 492
collection Repository Disertasi (Open) Universitas Indonesia
repository_id 18069
city KOTA DEPOK
province JAWA BARAT
repoId IOS18069
first_indexed 2022-12-14T04:20:45Z
last_indexed 2022-12-14T04:20:45Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1752196641363853312
score 17.538404