Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap motivasi dan kinerja dalam multilevel marketing studi kasus pada multilevel marketing PT Citranusa Insan Cemerlang (CNI)

Format: Masters Doctoral
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2005
Subjects:
Online Access: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/102202-T15787-Wiwit Tarziah.pdf
Daftar Isi:
  • Motivasi mempakan salah satu faktor yang dapat menentukan keberhasilan kinerja dari suatu organisasi. Jika motivasi seseorang tinggi maka kinerja yang dihasilkan pun akan semakin baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi adalah gaya kepemimpinan. Tesis ini membahas tentang pengaruh gaya kepemimpinan (partisipatif, suportif dan direktif) terhadap motivasi (expectancy, instrumentality dan vaIence)dan kinerja dalam bisnis multilevel marketing di PT CNI. <br><br> Untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan terhadap motivasi dan kinerja dari seorang distributor dilakukan analisis regresi. Akan tetapi sebelumya dilakukan analisa faktor untuk mengetahui indikator penelitian mana saja yang, tepat digunakan untuk mengukur variabel gaya kepemimpinan dan motivasi. <br><br> Berdasarkan hasil analisa regresi dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan partisipatif dan direktif mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi seorang distributor. Sedangkan gaya kepemimpinan suportif ternyata tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi seorang distributor. Dari hasil analisa regresi juga dapat disimpulkan bahwa motivasi mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja yang dihasilkan oleh seorang distributor. <hr> <b>Abstract</b><br> Motivation is one of the factor which can be used to determine performance ofthe organization. If motivation is higher then performance of the organization will be better. One of the factor which influence motivation is leadership style. This research contains about the influence of leadership style (participate, supportive and directive) to motivation (expectancy, instrumentality and valence) and performance on multilevel marketing PT Citranusa Insancemerlang. <br><br> Factor analysis is used to reduce the research indicator into factors which used to determine the construct of leadership style and motivation. Regression analysis then used to examine the influence of leadership style to motivation and performance. <br><br> The results shows that participative and directive leadership style have positif influence to motivation while supportive leadership style has no influence to motivation. The last, motivation has positif influence to distributor performance.