Media cetak di Belanda sebuah kajian pada surat kabar NRC Handelsblad dan De Telegraaf mengenai pilihan kata, makna kata, serta hubungan antara keduanya
Format: | Bachelors Thesis |
---|---|
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20159830-RB14A89m-Media cetak.pdf |
ctrlnum |
20159830 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Media cetak di Belanda : sebuah kajian pada surat kabar NRC Handelsblad dan De Telegraaf mengenai pilihan kata, makna kata, serta hubungan antara keduanya</title><creator/><type>Thesis:Bachelors</type><place/><publisher>Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia</publisher><date>2006</date><description>Dalam jurnalistik, seorang jurnalis harus mengetahui pemakaian kata yang tepat untuk membuat sebuah berita dan dalam hal ini diksi memegang peran penting untuk membuat berita yang baik. Selain itu, makna kata konotatif dan denotatif juga memiliki peran untuk menentukan nilai diksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan diksi yang sensasional dan tidak sensasional pada surat kabar NRC Handelsblad dan De Telegraaf. Tujuan selanjutnya adalah meneliti surat kabar yang paling sering menggunakan makna konotatif dan denotatif dan mencari hubungan antara diksi dan makna kata. Hasilnya menunjukkan bahwa De Telegraaf memiliki 64,71 % diksi sensasional dan 60 % diksi yang bermakna konotatif. Sementara itu, NRC Handelsblad memiliki diksi tidak sensasional sebanyak 64,71 % dan diksi yang bermakna denotatif sebanyak 60 %. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak semua makna konotatif berhubungan dengan kesan sensasional karena ada juga makna konotatif namun tidak memiliki kesan sensasional. Makna denotatif juga tidak selalu berhubungan dengan kesan tidak sensasional karena ada juga makna denotatif namun memiliki kesan sensasional.</description><subject>Dutch Language</subject><subject>Journalism--Language</subject><subject>Media Information Communication</subject><subject>Discourse analysis</subject><identifier>20159830</identifier><source>http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20159830-RB14A89m-Media cetak.pdf</source><recordID>20159830</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis Thesis:Thesis |
title |
Media cetak di Belanda : sebuah kajian pada surat kabar NRC Handelsblad dan De Telegraaf mengenai pilihan kata, makna kata, serta hubungan antara keduanya |
title_sub |
sebuah kajian pada surat kabar NRC Handelsblad dan De Telegraaf mengenai pilihan kata, makna kata, serta hubungan antara keduanya |
publisher |
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia |
publishDate |
2006 |
topic |
Dutch Language Journalism--Language Media Information Communication Discourse analysis |
url |
http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20159830-RB14A89m-Media cetak.pdf |
contents |
Dalam jurnalistik, seorang jurnalis harus mengetahui pemakaian kata yang tepat untuk membuat sebuah berita dan dalam hal ini diksi memegang peran penting untuk membuat berita yang baik. Selain itu, makna kata konotatif dan denotatif juga memiliki peran untuk menentukan nilai diksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan diksi yang sensasional dan tidak sensasional pada surat kabar NRC Handelsblad dan De Telegraaf. Tujuan selanjutnya adalah meneliti surat kabar yang paling sering menggunakan makna konotatif dan denotatif dan mencari hubungan antara diksi dan makna kata. Hasilnya menunjukkan bahwa De Telegraaf memiliki 64,71 % diksi sensasional dan 60 % diksi yang bermakna konotatif. Sementara itu, NRC Handelsblad memiliki diksi tidak sensasional sebanyak 64,71 % dan diksi yang bermakna denotatif sebanyak 60 %. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak semua makna konotatif berhubungan dengan kesan sensasional karena ada juga makna konotatif namun tidak memiliki kesan sensasional. Makna denotatif juga tidak selalu berhubungan dengan kesan tidak sensasional karena ada juga makna denotatif namun memiliki kesan sensasional. |
id |
IOS18066.20159830 |
institution |
Universitas Indonesia |
institution_id |
51 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Indonesia |
library_id |
492 |
collection |
contoh Repository Tesis (Open) Universitas Indonesia |
repository_id |
18066 |
city |
KOTA DEPOK |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS18066 |
first_indexed |
2022-12-14T02:22:00Z |
last_indexed |
2022-12-14T02:22:00Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1752183991805411328 |
score |
17.538404 |