Strategi peningkatan daya saing global komoditas mete indonesia

Main Authors: Bambang Juni Wartono, author, Add author: Agus Maulana, supervisor, Add author: Azhar Kasim, examiner, Add author: Firmantoko, examiner
Format: Masters Thesis
Terbitan: , 1999
Subjects:
Online Access: http://lontar.ui.ac.id/detail?id=103624
ctrlnum 103624
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><type>Thesis:Masters</type><title>Strategi peningkatan daya saing global komoditas mete indonesia</title><creator>Bambang Juni Wartono, author</creator><creator>Add author: Agus Maulana, supervisor</creator><creator>Add author: Azhar Kasim, examiner</creator><creator>Add author: Firmantoko, examiner</creator><publisher/><date>1999</date><subject>Export marketing</subject><description>&lt;b&gt;ABSTRAK&lt;/b&gt;&lt;br&gt; Komoditas mete Indonesia merupakan salah satu komoditas ekspor yang memberikan kontribusi terhadap penerimaan devisa sektor non migas. Kemampuan tanaman mete yang hidup di lahan kritis, ketersediaan lahan pengembangan yang masih Iuas, dan semakin tingginya minat rakyat untuk menanam tanaman ini merupakan harapan yang cerah bagi pengembangan komoditas ini. &lt;br&gt;&lt;br&gt; Namun, seiring dengan cerahnya pasaran komoditas ini perlu kiranya diantisipasi persaingan yang semakin ketat di pasaran dunia. Karakteristik pasar dunia dimana tersedia banyak preferensi yang ditawarkan oleh para produsen menuntut kemampuan untuk bersaing. Persaingan tidak hanya terbatas pada penyediaan komoditas, tetapi persaingan dimulai dari bagaimana komoditas itu diproduksi hingga ditawarkan pada konsumen. Pada akhirnya konsumen tentu akan memilih komoditas yang minimal sesuai dengan nilai yang dikeluarkan. &lt;br&gt;&lt;br&gt; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing komoditas mete di pasar global, mengetahui faktor-faktor apa yang dipertimbangkan dan Strategi yang digunakan dalam pengembangan dan peningkatan ekspor komoditas mete. Jenis penelitian ini adalah studi analisis deskriptif dengan penerapan model diamond Porter, dan untuk membantu menyusun strategi digunakan model analisis SWOT. &lt;br&gt;&lt;br&gt; Kondisi faktor yang mendukung bagi peningkatan daya saing komoditas mete Indonesia adalah ketersediaan lahan yang cukup Iuas, sehingga hal ini merupakan peluang untuk lebih mengembangkan tanaman mete di masa depan dengan prospek pasar ekspor yang cerah. &lt;br&gt;&lt;br&gt; Peran pemerintah sangat diperlukan untuk meningkatkan daya saing komoditas mete, yang pengaruhnya dapat dirasakan secara langsung atau tidak langsung. Melalui berbagai kebijakan yang dlkeluarkan, peran pemerintah mempengaruhi faktor-faktor penentu (determinant) Iainnya, seperti kondisi faktor; kondisi permintaan; struktur, strategi dan persaingan; industri terkait dan penunjang; serta kesempatan. Oleh karena itu, maka peningkatan daya saing komoditas mete di pasar global mutlak membutuhkan adanya koordinasi lintas sektoral setiap lembaga yang terkait. &lt;br&gt;&lt;br&gt; Strategi yang diterapkan untuk meningkatkan daya saing komoditas mete di pasar global yaitu dengan meningkatkan kualitas komoditas yang dihasilkan, sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan. Dengan demikian, dapat menjaga kepercayaan pelanggan dan pada gilirannya nanti akan dapat lebih meningkatkan ekspor komoditas mete.</description><identifier>http://lontar.ui.ac.id/detail?id=103624</identifier><recordID>103624</recordID></dc>
format Thesis:Masters
Thesis
Thesis:Thesis
author Bambang Juni Wartono, author
Add author: Agus Maulana, supervisor
Add author: Azhar Kasim, examiner
Add author: Firmantoko, examiner
title Strategi peningkatan daya saing global komoditas mete indonesia
publishDate 1999
topic Export marketing
url http://lontar.ui.ac.id/detail?id=103624
contents <b>ABSTRAK</b><br> Komoditas mete Indonesia merupakan salah satu komoditas ekspor yang memberikan kontribusi terhadap penerimaan devisa sektor non migas. Kemampuan tanaman mete yang hidup di lahan kritis, ketersediaan lahan pengembangan yang masih Iuas, dan semakin tingginya minat rakyat untuk menanam tanaman ini merupakan harapan yang cerah bagi pengembangan komoditas ini. <br><br> Namun, seiring dengan cerahnya pasaran komoditas ini perlu kiranya diantisipasi persaingan yang semakin ketat di pasaran dunia. Karakteristik pasar dunia dimana tersedia banyak preferensi yang ditawarkan oleh para produsen menuntut kemampuan untuk bersaing. Persaingan tidak hanya terbatas pada penyediaan komoditas, tetapi persaingan dimulai dari bagaimana komoditas itu diproduksi hingga ditawarkan pada konsumen. Pada akhirnya konsumen tentu akan memilih komoditas yang minimal sesuai dengan nilai yang dikeluarkan. <br><br> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing komoditas mete di pasar global, mengetahui faktor-faktor apa yang dipertimbangkan dan Strategi yang digunakan dalam pengembangan dan peningkatan ekspor komoditas mete. Jenis penelitian ini adalah studi analisis deskriptif dengan penerapan model diamond Porter, dan untuk membantu menyusun strategi digunakan model analisis SWOT. <br><br> Kondisi faktor yang mendukung bagi peningkatan daya saing komoditas mete Indonesia adalah ketersediaan lahan yang cukup Iuas, sehingga hal ini merupakan peluang untuk lebih mengembangkan tanaman mete di masa depan dengan prospek pasar ekspor yang cerah. <br><br> Peran pemerintah sangat diperlukan untuk meningkatkan daya saing komoditas mete, yang pengaruhnya dapat dirasakan secara langsung atau tidak langsung. Melalui berbagai kebijakan yang dlkeluarkan, peran pemerintah mempengaruhi faktor-faktor penentu (determinant) Iainnya, seperti kondisi faktor; kondisi permintaan; struktur, strategi dan persaingan; industri terkait dan penunjang; serta kesempatan. Oleh karena itu, maka peningkatan daya saing komoditas mete di pasar global mutlak membutuhkan adanya koordinasi lintas sektoral setiap lembaga yang terkait. <br><br> Strategi yang diterapkan untuk meningkatkan daya saing komoditas mete di pasar global yaitu dengan meningkatkan kualitas komoditas yang dihasilkan, sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan. Dengan demikian, dapat menjaga kepercayaan pelanggan dan pada gilirannya nanti akan dapat lebih meningkatkan ekspor komoditas mete.
id IOS18066.103624
institution Universitas Indonesia
institution_id 51
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Indonesia
library_id 492
collection contoh Repository Tesis (Open) Universitas Indonesia
repository_id 18066
city KOTA DEPOK
province JAWA BARAT
repoId IOS18066
first_indexed 2022-12-14T02:38:43Z
last_indexed 2022-12-14T02:38:43Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1752203616168443904
score 17.538404