Identifikasi variabel yang mempengaruhi kepuasan informasi pengguna perpustakaan perguruan tinggi dengan menggunakan metode lisrel (studi kasus di upt perpustakaan ibp)
Main Authors: | Ramadiani, author, Add author: Marsudi W. Kisworo, supervisor |
---|---|
Format: | Masters Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia
, 2001
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lontar.ui.ac.id/detail?id=96868 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengidentiiikasi ketepalan pengukuran yang biasa digunakan dalam mengulcur kcberhasilan sistem informasi, yaitu: Kepuasan Inforrnasi Pengguna. Karena bagaimanapun juga penilaian langsung dari pengguna akan sangat membanlu dalam menilai keberhasilan sistem informasi yang ditcrapkan dalam organisasi. Penelitian ini mengidentjtikasi variabel-variabel yang dapat mcmpcngaruhi kepuasan infomasi pungguna di Pcrpustakaan dan faktor-faktor indikator lainnya. Pengujian dilakukan dengan menggunakau model diagram lintas (causal path models) kepuasan infonnasi pengguna, dengan melibatkan faktor-faktor KI? antara lain adalah : Perilaku Pustakawan, Kualilas Koleksi, Pengetahuan dan Keterlibatan Pcngguna serta Manfaat Jasa Layanan. Penclitian ini difokuskan di UPT. Pcrpustakan IPB, clengan sampcl yang terdiri alas mahasiswa IPB yang berasal dari bcrbagai latar belakang fakultas dan strata. Data survei dari 116 responden dari berbagai lata: belakaug ini kemudian dievaluasi dengan mengglmakan model analisis lintasan yang terdapat dalam LISREL. Dalam pcnelitian ini dinuktikan bahwa I - cl Terdapat indikator yang cukup signlikan antara perilaku Pustakawan terhadap kepuasan informasi pengguna (7 = 0.99 dan R?= 0.99). Cl Terdapat indikator yang cukup signiiikan antara kualitas koleksi terhadap kcpuasan informasi pengguna (y = 0.90, nilai t = 23.70 dan R?= 0.81 ). Cl Terdapat indikator yang cukup signiiikan antara pengetahuan dan keterlibatan pengguna terhadap kcpuasan informasi pengguna (y= 0.86, nilai t =28.58 dan R2=0.73). Cl Terdapat indikator yang cukup signiiikan antara manfaat jasa layanan terhadap kepuasan informasi pengguna ( y = 0.99, nilai t = 8.92 dan R? ==0.99) <hr> <b> Abstract </b><br> This study investigates the validity of commonly used measurement for the success of infonnation systems (IS): User Information Satisfaction (UIS). However, poor user evaluation of function remains a problem in many organizations. In this study we examine factors that may influence UIS and their relative influence or importance. This study evaluates some altemate causal path models of UIS involving traditional factors such as attitude towards Librarian, quality of collections, knowledge and involvement, and the use of information system. We focus this study in IPB Library : which serves students from many levels and faculties. Data from a cross-sectional survey involving 116 users is employed to evaluate the causal path models through path analysis in LISREL. The results of study indicated that: V cr There is significant indication between Librarian attitude toward user information satisfaction ty = 0.99 and n== 0.99). cr There is significant indication between quality of collections toward user information satisfaction (7 = 0.90, tvalue = 23.70 and R2= 0.81 ). ci There is significant indication between user? knowledge and involvement toward user information satisfaction (y = 0.86, tvalue = 28.58 and R? =O_73). ci There is significant indication between the use of information system toward user infomiation satisfaction (7 = 0.99, tvalue = 8.92 and R?=0.99).