Simulasi gerak longitudinal dan lateral pesawat terbang dengan metoda kontrol multi variabel
Main Authors: | Ridwan Gunawan, author, Add author: Wahidin Wahab, supervisor |
---|---|
Format: | Masters Bachelors |
Terbitan: |
, 1995
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lontar.ui.ac.id/detail?id=81149 |
Daftar Isi:
- <b>ABSTRAK</b><br> Gerak longitudinal dan lateral suatu pesawat terbang terdiri dari 3 sistem sumbu gerak yaitu roll, pitch dan Yau. Semua variable seperti kecepatan linier, kecepatan sudut dan gaya aerodinamik dan momen aerodinamik diacu terhadap ketiga sumbu gerak tersebut. Variable gerak longitudinal maupun lateral akan saling mempengaruhi dan berinteraksi. <br><br> Besarnya interaksi diteliti dengan simulasi yang didasarkan pada pemodelan sistem gerak suatu pesawat penumpang tipe jet bermesin empat. Interaksi antar variable gerak tersebut dihilangkan-dikurangi dengan menggunakan metoda Bristol. Setelah pengaruh interaksi berhasil dihilangkan, maka dilakukan perancangan kontroller P, PI dan PD untuk mengendalikan gerak sistem tersebut sehingga didapat response waktu yang baik. <br><br> Pada gerak longitudinal kecepatan pada sumbu roll Δv mencapai 90% untuk Kp = 6 dan dapat diperkecil menjadi 10%, tetapi waktu stabil menjadi panjang.