Analisis hubungan antara insentif, iklim organisasi dan produktivitas tenaga pemasaran pada PT. Internusa Hasta Buana studi kasus pada PT. Internusa Hasta Buana
Main Authors: | Iskandar Zulkarnain, author, Add author: Surya Dharma, supervisor, Add author: Agus Maulana, examiner |
---|---|
Format: | Masters Bachelors |
Terbitan: |
, 2001
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lontar.ui.ac.id/detail?id=73152 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara iklim organisasi dan insentif terhadap produktivitas kerja tenaga pemasaran PT. Internusa Hasta Buana. Produktivitas mempunyai peran yang sangat penting dalam peningkatan kesejahteraan bakk secara nasional, perusahaan maupun pada level individu. Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor produksi yang dapat memberikan jasa dan produk secara langsung dibandingkan faktor produksi lainnya. <br /> <br /> Penelitian ini melibatkan 59 responden yang dipilih sebagai sample dari tenaga pemasaran pada PT. Internusa Hasta Buana. Teknik pengumpulan data menggunakan Quistionaire yang diisi oleh responden sesuai dengan skala liked yang dikembangkan dalam kuesioner. Analisis data menggunakan tabulasi silang untuk menguji <br /> produktivitas ditinjau dari unsur-unsur karakteristik individu. Di samping itu analisis regresi dilakukan untuk menguji hubungan antara insentif, iklim organisasi dan produktivitas kerja. <br /> <br /> Berdasarkan analisis data, penelitian ini menemukan bahwa insentif mempunyai hubungan yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan (r0.507;p<O.05). Sedangkan iklim organisasi mempunyai hubungan yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan (r-O.598;p<0.05). Sedangkan secara bersama sama variabel insentif dan iklim organisasi memberikan kontribusi 55.4%. Dengan demikian baik melalui analisis regresi sederhana dan ganda, variabel insentif dan iklim organisasi secara konsisten mempunyai hubungan yang signifikan dengan produktivitas kerja. <br /> <br />