Analisa dan perencanaan strategi bersaing dalam menghadapi perubahan lingkungan studi kasus pada PT. Jaya Obayashi / Batara Purba
Main Author: | Batara Purba, author |
---|---|
Format: | Masters Bachelors |
Terbitan: |
, 2000
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2018-1/20451644-T5891-Batara Purba (blm olah dan unggah).pdf |
Daftar Isi:
- <b>ABSTRAK</b><br> Salah satu sektor yang paling menderita akibat krisis ekonomi yang berkepanjangan yang melanda indonesia adalah Jasa Konstruksi. Banyak kontraktor yang tidak kuat menghadapinYa, terpaksa menutup usahanya. Penyebabnya adalah mrnminya julTilah proyek yang bisa dikeijakan,. yang akhirnya berakibat pula kepada likuiditas kontraktor tersebut. <br><br> Tersendatnya binis properti, industri manufaktur dan infrastxukstur berdampak langsung kepada sektor jasa konstruksi ini. <br><br> PT. Jaya Obayashi, salah satu kontraktor besar di Indonesia yang meriipakan Joint Venture antara PT. Pembangunan Jaya dengan Obayashi Corporation, juga mengalami penurunan revenue / pendapatan yang cukup signifikan yang dapat mengancam likuiditas perusahaan. Keberadaan selama 28 tahun di Indonesia, dengan pengalaman yang begitu litas dalam membangun berbagai macam bangunan, ternyata tidak bisa menolong banyak, karena penurunan yang ten adj mengakibatkan revenue / pendapatan banya mencapai 30-40% dan keadan normal. <br><br> Dalam penulisan Karya Akhir ini, akan digunakan proses manajemen strategi dalam perumusan strategi perusahaan menghadapi kondisi ini, serta persiapan mengbadapi masa yang akan datang. <br><br> Dimulai dengan menganalisa lingkungan, baik Lingkungan Eksternal maupun Internal, Analisa Pelanggan, Pesaing, Kineirja Perusahaan yang akhirnya dapat merumuskan suatu strategi bersaing yang tepat bagi PT. Jaya Obayashi. Analisa persaingan Kontraktor dilakukan di antara para Kontraktor Jepang pada proyek-proyek investasi Jepang. Hal ini dilakukan mengingat selama beroperaSi di Indonesia mayoritas proyek PT. Jaya Obayashi berasal dan investor Jepang dan sebagai pesaing utama adalah kontraktor kontraktor Jepang Karena persaingan di antara kontraktor tersebut sudah sangat ketat, maka strategi dibagi berdasarkan jangka waktu penerapannya: <br><br> - Jangka Pendek (2000 ? 2001) <br><br> - Jangka Menengah (sampai 5 tahun ke depan) <br><br> - Jangka Panjang (>5 tahun ke dcpan) <br><br> Berdasarkan analisa dan kajian yang dilakukan, maka strategi yang dipilih da1ah: - Strategi Turn Around (untukjangka pendek) <br><br> - Perumusan Ulang Target Market <br><br> - Perbaíkan kinerja masing-masing bagian fungsional