Analisis persepsi pasien instalasi rawat inap A terhadap pelayanan di RSUPN-CM
Main Author: | I Ketut Kardhana, author |
---|---|
Format: | Masters Bachelors |
Terbitan: |
, 2003
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2017-4/20450046-T3612-I Ketut Kardhana.pdf |
ctrlnum |
20450046 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Analisis persepsi pasien instalasi rawat inap A terhadap pelayanan di RSUPN-CM</title><creator>I Ketut Kardhana, author</creator><type>Thesis:Masters</type><place/><publisher/><date>2003</date><description><b>ABSTRAK</b><br>
Program Perusahaan Jawatan (Pcrjan) RSUPN-CM Jakarta, mulai dilaksanakn
awal Januari 2002. RSUPN-CM adalah ruah sakit rujukan nasional yang telah
dikembangkan menjadi rumah sakit Petjan. Perusahaan Jawatan adalah suatu bentuk
badan usaha yang independent, dan dapat mengelola penerimaan dan pengeluarannya
sendiri tanpa subsidi dari Pemerintah.
<br><br>
Rumah sakit, merupakan salah satu indusrih sosial yang memberikan pelayanan
kesehatan. Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, rumah sakit
harus menjadi industri yang bersifat padat karya, padat modal serta padat ilmu dan
teknologi. Pelayanan kesehatan yang efiktif dan efìsien, diharapkan akan memberikan
pelayanan yang paripurna kepada masyarakat.
<br><br>
Persaingan nzmah sakit dalam memperebutkan pasar pelayanan keschatan,
mcnipakan hal yang mendasar dan sangat mendesalc Kondrsi ini Iebih disebebkan
karena banyak didixikannya ruznah sakit baru, kesadaran masyarakat alcan pentingnya
anti kesehatan, keinginan masyarakat untuk memperoleh penanganan kesehatan dengan
teknologi yang mutakhir seria keinginan masyarakat untuk memperoleh pelayanan
kesehatan yang paripurna.
<br><br>
Penelitian ini bertujuan untuk memperoLeh gaznbaran dan mengukur indikator
kineia pelayanan medik. dan Lingkungan rumah sakit seria untuk mengetui faktor
faktor yang bcrpenganih terhadap keinginan konsumen terhadap jasa pelayanan di
RSUPN-CM, dalam rangka untuk meneapai tujuan RSUPN-CM sesual dengan visi dan
misinya, menjadi rumab sakit pendidikan bermutu ASEAN tahun 2003 dan bermutu
ASIA PASIFIK tahun 2015.
<br><br>
Hasil utama dari penelitian ini adalah. beh untuk pelayanan dokter dari
responden untuk semua kelas, elemen yang mendapat tanggapan positif adalah
penampilan dokter cukup rapi, pengobatan cukup manjur dan dokter yang ramah.
Sedangkan penilalan terhadap pelayanan perawat dan responden untuk semua kelas,
Elemen yang memperoleh penilaian yang baik yaitu pelayanan perawat cukup
terampil, instruksi perawat terhadap pesien cukup jelas Serta penilaian tertinggi
terhadap fasilitas rumah sakit untuk semua kelas yaitu, tarif dari layanan rumah sakit
sedang, baru kemudian menyusul elemen penting berlkutnya seperti rumah sakit cukup
tenang dan mutu penyajian makanan yang balk serta faktor keamanan cukup aman.
Begitu pula dengan kinerja dokter, behwa dokter hanya datang memeriksa pasien
kadang-kadang, ini berarti bahwa manajemen kinerja dokter belum dilaksanakan
dongan optimal, serta penjelasan dokter (inform consend) belum sepenuhnya dijalankan
dengan baik.
<br><br>
Berdasarkan hasil peneitian ini disarankan untuk mengadakan evaluasi
indikator mutu pelayenan medik, Perawat dan Penunjang di RSUPN-CM, peran
Komite Medik ditingkatkan sesuai dengan fungsinya sehingga aetiap tindakan medik
sudab sesuai dengan .rtandwd opemlkin procedure (SOP) yang berlaku. Dan
meningkatkan kualitas SDM karyawan RSUPN-CM secam menyeluruh sesuai dengan
fungsi dan kebutuhannya dalam rangka mencapai tujuan yang telah direncanakan
sebelumnya.</description><subject>Activity-based costing</subject><identifier>20450046</identifier><source>http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2017-4/20450046-T3612-I Ketut Kardhana.pdf</source><recordID>20450046</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Masters Thesis Thesis:Bachelors |
author |
I Ketut Kardhana, author |
title |
Analisis persepsi pasien instalasi rawat inap A terhadap pelayanan di RSUPN-CM |
publishDate |
2003 |
topic |
Activity-based costing |
url |
http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2017-4/20450046-T3612-I Ketut Kardhana.pdf |
contents |
<b>ABSTRAK</b><br>
Program Perusahaan Jawatan (Pcrjan) RSUPN-CM Jakarta, mulai dilaksanakn
awal Januari 2002. RSUPN-CM adalah ruah sakit rujukan nasional yang telah
dikembangkan menjadi rumah sakit Petjan. Perusahaan Jawatan adalah suatu bentuk
badan usaha yang independent, dan dapat mengelola penerimaan dan pengeluarannya
sendiri tanpa subsidi dari Pemerintah.
<br><br>
Rumah sakit, merupakan salah satu indusrih sosial yang memberikan pelayanan
kesehatan. Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, rumah sakit
harus menjadi industri yang bersifat padat karya, padat modal serta padat ilmu dan
teknologi. Pelayanan kesehatan yang efiktif dan efìsien, diharapkan akan memberikan
pelayanan yang paripurna kepada masyarakat.
<br><br>
Persaingan nzmah sakit dalam memperebutkan pasar pelayanan keschatan,
mcnipakan hal yang mendasar dan sangat mendesalc Kondrsi ini Iebih disebebkan
karena banyak didixikannya ruznah sakit baru, kesadaran masyarakat alcan pentingnya
anti kesehatan, keinginan masyarakat untuk memperoleh penanganan kesehatan dengan
teknologi yang mutakhir seria keinginan masyarakat untuk memperoleh pelayanan
kesehatan yang paripurna.
<br><br>
Penelitian ini bertujuan untuk memperoLeh gaznbaran dan mengukur indikator
kineia pelayanan medik. dan Lingkungan rumah sakit seria untuk mengetui faktor
faktor yang bcrpenganih terhadap keinginan konsumen terhadap jasa pelayanan di
RSUPN-CM, dalam rangka untuk meneapai tujuan RSUPN-CM sesual dengan visi dan
misinya, menjadi rumab sakit pendidikan bermutu ASEAN tahun 2003 dan bermutu
ASIA PASIFIK tahun 2015.
<br><br>
Hasil utama dari penelitian ini adalah. beh untuk pelayanan dokter dari
responden untuk semua kelas, elemen yang mendapat tanggapan positif adalah
penampilan dokter cukup rapi, pengobatan cukup manjur dan dokter yang ramah.
Sedangkan penilalan terhadap pelayanan perawat dan responden untuk semua kelas,
Elemen yang memperoleh penilaian yang baik yaitu pelayanan perawat cukup
terampil, instruksi perawat terhadap pesien cukup jelas Serta penilaian tertinggi
terhadap fasilitas rumah sakit untuk semua kelas yaitu, tarif dari layanan rumah sakit
sedang, baru kemudian menyusul elemen penting berlkutnya seperti rumah sakit cukup
tenang dan mutu penyajian makanan yang balk serta faktor keamanan cukup aman.
Begitu pula dengan kinerja dokter, behwa dokter hanya datang memeriksa pasien
kadang-kadang, ini berarti bahwa manajemen kinerja dokter belum dilaksanakan
dongan optimal, serta penjelasan dokter (inform consend) belum sepenuhnya dijalankan
dengan baik.
<br><br>
Berdasarkan hasil peneitian ini disarankan untuk mengadakan evaluasi
indikator mutu pelayenan medik, Perawat dan Penunjang di RSUPN-CM, peran
Komite Medik ditingkatkan sesuai dengan fungsinya sehingga aetiap tindakan medik
sudab sesuai dengan .rtandwd opemlkin procedure (SOP) yang berlaku. Dan
meningkatkan kualitas SDM karyawan RSUPN-CM secam menyeluruh sesuai dengan
fungsi dan kebutuhannya dalam rangka mencapai tujuan yang telah direncanakan
sebelumnya. |
id |
IOS18064.20450046 |
institution |
Universitas Indonesia |
institution_id |
51 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Indonesia |
library_id |
492 |
collection |
Repository Skripsi (open) Universitas Indonesia |
repository_id |
18064 |
city |
KOTA DEPOK |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS18064 |
first_indexed |
2022-12-13T09:12:15Z |
last_indexed |
2022-12-13T09:12:15Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1752203253151432704 |
score |
17.13294 |