Pengaruh pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang terhadap kepuasan pasien tentang pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Daerah Kabupaten Madiun = The effect of health education on return patient preparation toward patient satisfaction of nursing service at public Hospital in Madiun District / Sudaryani

Main Authors: Sudaryani, author, Add author: , Add author: Luknis Sabri, supervisor
Format: Masters Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia , 2008
Subjects:
Online Access: https://lib.ui.ac.id/detail?id=20438091
Daftar Isi:
  • <b>ABSTRAK</b><br> Salah satu indikator kualitas pelayanan rumah sakit adalah kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan yaitu pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang. Program pendidikan ini belum dilaksanakan di RSD Kabupaten Madiun, sehingga perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang terhadap kepuasaan pasien tentang pelayanan keperawatan Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh program tersebut terhadap kepuasaan pasien sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen postest only with control group design. Jumlah responden sebanyak 80 pasien yang dibagi dalam kelompok intervensi dan kontrol masing-masing 40 orang berdasarkan ruang perawatan. Pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang terdiri dari nutrisi, aktifitas, tanda dan gejala serta obat-obatan. Kepuasan pasien diukur dengan menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh peneliti dengan hasil uji validitas 0,4678 – 0,9098 dan reliabilitas 0,9851. Perbedaan kepuasan pasien pada kelompok intervensi dan kontrol dianalisis dengan uji beda 2 mean t test independent dan faktor dominan yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien dianalisis dengan regresi linier berganda dengan &#945; = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan yang mendapat pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang mencapai 94,23% dan yang tidak mendapatkan mencapai 71,42% dengan (p = 0,000 < 0,05), berarti terdapat pengaruh pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang terhadap kepuasan pasien tentang pelayanan keperawatan. Pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang perlu direkomendasikan oleh rumah sakit untuk dilaksanakan kepada seluruh pasien di ruang rawat inap dan rawat jalan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien dan kualitas pelayanan keperawatan. <hr> <b>ABSTRACT</b><br> One of hospital service quality indicator is patient satisfaction of nursing service that is health education of return patient preparation. This education program can not be implemented yet at Public Hospital in Madiun District, so it is important to be done a research concerning the effect of health education on return patient preparation toward patient satisfaction of nursing service. This research purpose is to know the effect of this program toward patient satisfaction so it can be used. This research used a quasi experiment post test only with control group design. Amount of respondents are 80 patients divided into intervention and control group, each group consist of 40 people based on caring room. Health education of return patient preparation consists of nutrition, activity, signal and symptom and also medicines. Patient satisfaction is measured by using questionnaires which is developed by researchers with validities test results of 0,4678 - 0,9098 and reliability of 0,9851. Difference of patient satisfaction on intervention and control group is analyzed by different test 2 mean t test independent and dominance factor which have effect on patient satisfaction analyzed by multiple linear regression with &#945; = 0,05. Research result indicated that patient satisfaction of nursing service which getting health education of return patient preparation reached 94,23% and don't get health education of return patient preparation reached 71,42% (p=0,000 < 0,05), It means there are effect of health education of return patient preparation toward patient satisfaction of nursing service. Health education of return patient preparation must be recommended by hospital to implement for all patient both inpatient and outpatient, so it can improve patient satisfaction and nursing service quality.