Advokasi kebijakan publik program kesehatan reproduksi bagi remaja disabilitas intelektual = Advocacy of public policy for reproductive health program for adolescent intellectual disability

Main Author: Cempaka Rini, author
Format: Masters Bachelors
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2017-2/20432593-T-Cempaka Rini.pdf
Daftar Isi:
  • <b>ABSTRAK</b><br> Kesehatan reproduksi merupakan hak bagi setiap manusia namun belum ada kebijakan publik program kesehatan reproduksi bagi remaja disabilitas intelektual. Penelitian ini bertujuan melakukan pengumpulan informasi untuk advokasi kebijakan publik program kesehatan reproduksi bagi remaja disabilitas intelektual. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Rapid Assesment Prosedure. Informan dalam penelitian ini berjumlah 12 orang, dipilih secara purposive dan snowball, yaitu berbagai pemangku kepentingan yang terkait dengan isu kesehatan reproduksi dan disabilitas. Metode pengumpulan data melalui indepth interview pada tahap analisis. Tahapan penelitian ini yaitu analisis; strategi pro aktif dengan membuat factsheet, press release serta penyelenggaraan lokakarya; mobilisasi sebagai langkah awal dari membangun koalisi; dan aksi advokasi melalui lokakarya. Hasil analisis didapatkan belum adanya kebijakan publik program kesehatan reproduksi bagi remaja disabilitas intelektual karena bukan program prioritas dan hasil lokakarya diperoleh usulan rekomendasi yang selanjutnya dibuat dalam bentuk policy brief berupa melakukan kajian perundang-undangan dan modul yang sudah ada terkait kesehatan reproduksi dan disabilitas dengan melibatkan semua pihak untuk berkoordinasi, modul psikoedukasi kesehatan reproduksi bagi remaja tunagrahita yang sudah ada perlu masuk ke dalam sistem pemerintah serta penyediaan alat peraga kesehatan reproduksi di SLB C. <hr> <b>ABSTRACT</b><br> Reproductive health is a right for every human being yet there is no public policy for concentrating reproductive health for adolescents intellectual disability. This study aims at collecting information for advocacy on the issue. This study used a qualitative research with Rapid Assessment Procedure design. The informants in this study amounted to 12 people were selected purposively and employed snowball, procedure a number of informant were selected consist of different stakeholder. Data were collected through in-depth interview on the analysis stage. Stages of this research is the analysis; pro-active strategy to create factsheets, press releases and organizing workshops; mobilization as the first step of building coalitions; and advocacy action through workshops. The results of the analysis indicated no public policies for reproductive health programs for adolescents intellectual disability because is not a priority program and the results of the workshop obtained by the proposed recommendations were subsequently made in the form of policy briefs be reviewing legislation and existing modules related to reproductive health and disabilities by involving all parties to coordinate, psychoeducation module reproductive health for adolescents intellectual disability existing need to get into the government system and the provision of reproductive health props in SLB C.