Perpustakaan Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi (PUSIDO) Badan Standar Nasional (BSN) dalam implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 = Library of the Center for Information and Documentation of Standardization (PUSIDO) in the Badan Standarisasi Negara (BSN) In the implementation of the Quality Management System ISO 9001: 2008 / Ikhsan Dwitama Putera
Main Author: | Ikhsan Dwitama Putera, author |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2016-4/20425387-S61605-Ikhsan Dwitama Putera.pdf |
Daftar Isi:
- <b>ABSTRAK</b><br> Penelitian ini membahas tentang Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 pada Perpustakaan Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi (PUSIDO) di Badan Standarisasi Nasional (BSN). Proses implementasi itu mengikuti tatanan yang terdapat pada klausul ISO 9001:2008. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang proses implementasi yang dilakukan oleh staf layanan PUSIDO. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses implementasi pada Perpustakaan Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi (PUSIDO) di Badan Standarisasi Nasional (BSN) mengikuti klausul yang terdapat pada ISO 9001:2008. Dengan demikian staf layanan perpustakaan akan terbantu dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari karena mereka mengimplentasikan Sistem Manajemen Mutu yang memiliki standar internasional yang juga bermanfaat untuk merekam kegiatan kerja mereka secara akuntabel. <hr> <b>ABSTRACT</b><br> This research discusses the Quality Management System ISO 9001: 2008 at the Library of the Center for Information and Documentation of Standardization i PUSIDO) in the Badan Standarisasi Negara (BSN). The implementation process in accordance to ISO 9001:2008 clauses. This study aims to provide an overview of the implementation process performed by the staff of library service. Qualitative approach using data collection techniques such as observation and interviews. The results showed that the process of implementation ISO 9001:2008 in Library of the Center for Information and Documentation of Standardization (PUSIDO) in the Badan Standarisasi Negara (BSN) is in line with the clauses in ISO 9001: 2008. Thus the process of work of the staff in library service really concern with implementation of the Quality Management System which link to international standards - in order all of their work will be accountable and well recorded.