Commuter line ramah bagi penyandang disabilitas menciptakan pelayanan yang tepat bagi penyandang disabilitas oleh PT KAI Commuter Jabodetabek = Commuter line friendly for disabilities suitable services for disabilities by PT KAI Commuter Jabodetabek / Ajeng Putriandini

Main Authors: Ajeng Putriandini, author, Add author: Wahyuni Pudjiastuti, supervisor, Add author: Tri Choesijanto Trisnohandoko, examiner
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia , 2014
Subjects:
Online Access: https://lib.ui.ac.id/detail?id=20405090
Daftar Isi:
  • Analisis Situasi PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) memenuhi mobilitas keseharian masyarakat melalui jasa Commuter Line Di sisi lain, PT KCJ belum dapat melayani penyandang disabilitas, sehingga kerap muncul anggapan sebagai jasa transportasi yang tidak inklusif Diperlukan kegiatan consumer relations untuk menjalin hubungan baik dengan penyandang disabilitas dan menyediakan pelayanan yang menyeluruh, yaitu melalui Program Pelayanan bagi Semua. Tujuan Menyediakan jasa pelayanan yang mampu melayani masyarakat disabilitas yang menggunakan Commuter Line di Jabodetabek, sehingga diharapkan dapat meningkatkan citra PT KCJ di mata publik. Sasaran Terjalinnya hubungan baik antara PT KCJ dengan pengguna Commuter Line disabilitas Adanya pelayanan yang baik dari petugas Commuter Line pada penumpang disabilitas Terciptanya rasa percaya dari penyandang disabilitas untuk menggunakan jasa Commuter Line Membangun citra positif PT KCJ sebagai perusahaan jasa transportasi yang peduli penumpang disabilitas Strategi Menjalin hubungan dengan masyarakat penyandang disabilitas melalui kegiatan, customer relations dalam bentuk special event. Khalayak Sasaran Masyarakat penyandang disabilitas ataupun masyarakat yang membutuhkan bantuan orang lain dalam menggunakan Commuter Line, berlokasi di daerah Jakarta- Bogor- Depok- Tangerang- Bekasi (Jabodetabek) dengan usia 15- 54 tahun sebagai usia produktif. Pesan Kunci Commuter Line ramah bagi penyandang disabilitas Program Kegiatan peningkatan kualitas pelayanan petugas melalui Pelatihan ?Siap Melayani Semua? Kegiatan Special Event ?Melangkah Bersama Melayani Semua? Jadwal Juni- Desember 2015 Anggaran Total anggaran yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan rangkaian kegiatan adalah Rp192,400,000.00 Evaluasi Metode evaluasi yang digunakan adalah metode input,output, dan outcome Input: evaluasi terhadap segala proses perencanaan awal yang berlangsung dalam pelaksanaan kegiatan Output: evaluasi terhadap hasil dari kegiatan Outcome: pengukuran dampak dan tujuan hasil pelaksanaan kegiatan;Executive Summary ......Situation Analysis PT. KJC fulfilled people?s daily mobility services through Commuter Line However, PT KJC has not been able to serve people with disabilities, so that a lot of assumptions appeared that PT.KJC is not an inclusive transportation services Consumer relation activities are needed to build a good relationship with the disabilities dan to provide a comprehensive services, which through Pelayanan Bagi Semua Programe Purpose Provide services that able to serve people with disabilities in Jabodetabek, so that hopefully will improve the image of PT. KCJ in public eyes Goal Establish a good relationship between PT KCJ and the disable commuter line users The existence of a good service from the Commuter Line officer for the disable people Creating credibility and trusty of PT KCJ for disable commuter line users to use Commuter Line Creating a positive image of PT KCJ as a transportation services that care about people with disabilities. Strategy Maintaining a relationship with the disable commuter line users through activities like, customer relations through special event. Target Audience Disable society or even people who need help from others for their activity using Commuter Line. Located in Jakarta- Bogor- Depok- Tangerang- Bekasi (Jabodetabek) in the range of age 15- 54 years old as in productive age. Key Word Commuter Line is friendly for people with disabilities Program Quality improvement activities through training for all the service staffs ?Siap Melayani Semua? Special Event activities "Melangkah Bersama Melayani Semua" Schedule June- December 2015 Budget Rp192,400,000.00 Evaluation Evaluation method that wil be used are input,output, and outcome methode Input: evaluation of all the initial planning process which takes place in the implementation activities Output: evaluation of the result of the activities Outcome: Measuring the impact and evaluating the implementation of the activities