Hubungan antara harga diri dan gratitude pada remaja putus sekolah yang bekerja = correlation between self esteem and gratitude in school drop out adolescents who worked
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
Fakultas Psikologi Univerisitas Indonesia
, 2014
|
Online Access: |
http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2015-10/20402684-S58340-Thanthi Whidhiasari.pdf |
Daftar Isi:
- [Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara harga diri dan gratitude pada remaja putus sekolah yang bekerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan alat ukur Rosenberg Self Esteem Scale (RSES) yang diciptakan oleh Rosenberg pada tahun 1965 dan kemudian sudah diterjemahkan serta divalidasi oleh Ariyani pada penelitiannya tahun 2004. Untuk variabel kedua, alat ukur gratitude yang digunakan adalah The Gratitude Questionnaire-Six Item Form (GQ-6) yang diciptakan oleh McCullough, Emmons, dan Tsang pada tahun 2002 untuk melihat kualitas atau kondisi bersyukur dalam kehidupan sehari-hari. Data penelitian diolah dengan menggunakan teknik statistika deskriptif, Pearson Product-Moment Correlation, Independent Sample T-Test, dan One-Way Analysis of Variance (ANOVA). Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 68 orang remaja putus sekolah yang bekerja dengan rentang usia 11-22 tahun dan belum menikah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara harga diri dan gratitude pada remaja putus sekolah yang bekerja., This research was conducted to find the correlation between self esteem and gratitude in school drop out adolescents who worked. This research used a quantitative approach using a measuring instrument Rosenberg Self Esteem Scale (RSES) developed by Rosenberg in 1965 and then it was translated and validated by Ariyani on her research in 2004. For the second variable, measuring instruments of gratitude used was The Gratitude Questionnaire-Six Item Form (GQ-6) which was created by McCullough, Emmons, and Tsang in 2002 to see the quality or condition of grateful in everyday life. Data were analyzed by using the techniques of descriptive statistics, Pearson Product-Moment Correlation, Independent Sample T-Test, and One-Way Analysis of Variance (ANOVA). Participants in this research were 68 school drop out adolescents who worked with the age range of 11-22 years old and unmarried. The results of this research showed that there were not significant correlation between self-esteem and gratitude in school drop out adolescents who later worked.]