Pengalaman saudara kandung (sibling) dari anak penyandang disabilitas fisik dan atau intelektual = The experience of (siblings) of children with physical and or intellectual disability / Lince Siringo Ringo

Main Author: Lince Siringo Ringo, author
Format: Masters Bachelors
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2015-5/20390112-T42062-Lince Siringo Ringo.pdf
Daftar Isi:
  • <b>ABSTRAK</b><br> Saudara kandung (sibling) dari anak penyandang disabilitas fisik dan atau intelektual merupakan anak yang rentan terhadap berbagai masalah baik fisik, psikis maupun sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi secara mendalam pengalaman sibling dari anak penyandang disabilitas fisik dan atau intelektual. Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, jumlah partisipan 8 orang, usia 9-23 tahun. Analisis data menggunakan metode Colaizzi dan menghasilkan enam tema penelitian yaitu: 1) Mengenal kecacatan yang dialami saudara kandungnya, 2) penerimaan sibling terhadap kecacatan saudara kandungnya, 3) sibling sebagai pengasuh saudara kandungnya yang cacat, 4) hubungan keseharian sibling dan saudara kandungnya, 5) respon lingkungan terhadap sibling dan kecacatan saudara kandungnya, 6) harapan sibling terhadap saudara kandungnya yang cacat. Pengalaman sibling merupakan bagian penting dan dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan asuhan yang berpusat pada keluarga. Berdasarkan temuan tema pada penelitian ini perawat diharapkan dapat meningkatkan asuhan yang berpusat pada keluarga dengan melibatkan orang tua secara penuh, termasuk sibling <hr> <b>ABSTRACT</b><br> Siblings of children with physical and/ or intellectual disabilities are children are susceptible to a variety of problems, either physical, psychological or social. The purpose of this study is to explore in depth experience sibling of a child with disabilities or physical and intellectual. Fenomology a qualitative research approach, the number of participants 8 people, age range 9-23 years. Analysis of the data using Colaizzi method and produces six research themes are: 1) Know the disability experienced by siblings, 2) acceptance sibling against sibling disability, 3) sibling as caregiver siblings with disabilities, 4) and sibling relationships siblings daily, 5 ) response to the environment and disability sibling, 6) expectation disabled sibling against sibling. Sibling experience is an important part that can be used as a reference for family-centered care. Based on the findings of this research theme in nurse