Evaluasi penggunaan metode konvensional dan metode objective structured clinical examination osce untuk menilai kemampuan klinik mahasiswa bidan dalam menolong persalinan di STIKES X tahun 2014 = An evaluation objective structured clinical examination osce method versus conventional method for clinical midwife student evaluation about skill birth attandance in STIKES X 2014 / Loveria Sekarrini

Main Author: Loveria Sekarrini, author
Format: Masters Bachelors
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2015-6/20389525-T41998-Loveria Sekarrini.pdf
Daftar Isi:
  • <b>ABSTRAK</b><br> Latar Belakang: Laporan SDKI 2012 menunjukkan bahwa angka kematian ibu di Indonesia sebesar 359 per 100.000 kelahiran hidup. Angka ini meningkat secara signifikan dibandingkan lima tahun lalu dari 228 di tahun 2007. Penurunan angka kematian ibu (AKI) tidak lepas dari peran seorang bidan. Untuk mendapatkan kualitas bidan yang baik diperlukan sebuah metode untuk mengevaluasi kemampuan bidan dalam menolong persalinan. Metode evaluasi yang tepat memiliki peran yang besar untuk mengetahui kualitas bidan di Indonesia. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan keandalan Metode Objective Struktured Clinical Examination (OSCE) dengan metode konvensional tentang ujian praktek klinik asuhan persalinan normal pada mahasiswa kebidanan. Metode: Metode yang diguanakan dalam penelitian ini adalah desain kuasi eksperimen . Pelaksanaan metode konvensional dan OSCE dilakukan pada 9 siswa terdaftar dalam ujian ini dengan 6 penguji untuk metode konvensional dan 18 penguji untuk metode OSCE, dengan komposisi disetiap station ujian berjumlah 3 orang penguji. Perspektif mahasiswa dan penguji, fisibilitas untuk metode konvensional dan OSCE serta variasi antara pemeriksa di setiap stasion diakan digali dalam penelitian ini. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa, metode OSCE dinilai lebih reliable dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini sesuai dengan hasil uji anova dengan nilai p > 0.05, yang artinya tidak ada perbedaan penilaian antar penguji. Berdasarkan fisibilitas institusional, metode konvensional dinilai lebih fisible untuk diimplementasikan di bandingkan dengan metode OSCE. Namun mahasiswa berpendapat bahwa metode OSCE dinilai lebih objektif (100%), konsisten (100%) tingkat pengajaran ditingkatkan (88,9%), transparansi hasil ujian (100%), meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan (88,8%), dibandingkan dengan metode konvensional. Kesimpulan: Metode OSCE dapat digunakan sebagai metode yang tepat dalam mengevaluasi persalinan keterampilan karena lebih reliable dibandingkan dengan metode konvensional. OSCE dapat digunakan sebagai evaluasi karena metode ini memiliki beberapa keunggulan seperti meningkatkan kemampuan klinis mahasiswa, mempersiapkan kualitas dan kompetensi yang tinggi, meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan dan meningkatkan tingkat pengajaran yang lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional. <hr> <b>ABSTRACT</b><br> Background : The 2012 DHS survey report that Indonesia’s MMR is 359 deaths per 100.000 live birth. That number has significantly increased over the past five years from 228 in 2007. Midwives has significant roles to reduce MMR. To get a good quality of midwives, its required some method to evaluate skilled birth attendants of midwives. Using the right method of evaluation plays a considerable role in getting appropriate result and making the right judgment. Aim : The aim of the study was to compare the reliability of Objective Structural Clinical Examination (OSCE) method versus conventional method for clinical midwife students examination about skill birth attendance at midwifes student. Method : Quasi experimental design was adopted. Implementation of conventional and OSCE method was carried out on 9 student enrolled in this exam with 6 examiner for conventional method and 18 examiner for OSCE method, with 3 examiner composition in every exam station. Student and Examiner perspective, feasibility for conventional and OSCE method and variation between examiner in every station were investigated. Result : The result show that, OSCE method is more reliable than conventional method. This result related with the result of ANOVA test with p value > 0.05, it means there is no differences between examiners. Base on feasibility of institution, conventional method is more feasible to implement than OSCE method. But student opinion said that OSCE measurement is more objective (100%), consistent (100%) enhanced teaching level (88.9%), transparency of exam result (100%), increasing decision making ability (88.8%), than the conventional method. Conclusion : OSCE method can be used as appropriate method in evaluating skill birth attendance because of more reliable than conventional method. OSCE can be us as an evaluation because this method has some advantages such as improving student clinical performance, preparing highly qualified and competence, increasing decision making abilities and enhance teaching level more better than conventional method.