Pemberitaan partai politik baru (analisis framing pemberitaan Partai Dasdem pada masa kampanye pemilihan legislatif tahun 2014 di surat kabar Kompas, Media Indonesia dan koran Sindo) = New political party coverage framing analysis of partai nasdem coverage during the 2014 election campaign in kompas media indonesia and koran sindo / Khusnina Sekar Segari

Main Author: Khusnina Sekar Segari, author
Format: Masters Bachelors
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2015-9/20388887-T42342-Khusnina Sekar Segari.pdf
Daftar Isi:
  • <b>ABSTRAK</b><br>Tesis ini membahas mengenai bagaimana tiga surat kabar nasional, Kompas, Media Indonesia dan Koran Sindo memberitakan Partai Nasdem sebagai partai politik baru dalam masa kampanye Pileg 2014. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis framing mengunakan model Gamson dan Modigliani. Hasil penelitian ini menemukan adanya agenda yang berbeda dari masing-masing surat kabar dalam memberitakan Partai Nasdem. Setiap media mengkonstruksi isu yang sama dengan cara yang berbeda, untuk mendukung ide dasar mereka. Selain itu, hasil penelitian juga menyimpulkan adanya keberpihakan media yang terafiliasi dengan Partai Nasdem dalam memberitakan partai tersebut. <hr> <b>ABSTRACT</b><br> This thesis discussed how three national daily in Indonesia, Kompas, Media Indonesia, and Koran Sindo covered Partai Nasdem as new political party contesting in 2014 legislative election campaign. This research is a qualitative research that using framing analysis model from Gamson & Modigliani. In this research, researcher found that each media has their different agenda in covering Partai Nasdem. Each media contructed the same issue with different ways that support their big idea about Partai Nasdem. This research also concludes that media who has affliation with political party, tends to support the political party they affiliated with