Evaluasi strategi komunikasi penerapan dan dampak program corporate social responsibility kasus program perpuseru oleh PT Coca Cola Foundation Indonesia di sudut baca Soreang Kabupaten Bandung = Evaluation of communication strategy implementation and impact of corporate social responsibility program case program perpuseru by PT Coca Cola Foundation Indonesia at sudut baca Soreang Bandung districs

Main Author: Victrin Christy Marhasak Partogi Hutajulu
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik , 2014
Subjects:
Online Access: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2015-4/20388736-T41846-Victrin Christy Marhasak Partogi Hutajulu.pdf
Daftar Isi:
  • Program Corporate Social Responsibility menjadi fokus dalam penelitian ini. Secara khusus penelitian ini meneliti mengenai strategi komunikasi yang dijalankan oleh organisasi dalam upaya pencapaian objektif formal dari program CSR. Teori yang menjadi pedoman dalam penyusunan tesis ini adalah The Management Strategic yang dikemukakan oleh Grunig (1992). Grunig menyatakan bahwa untuk mencapai tujuan dari organisasi maka perlu dilakukan tujuh langkah yang dilakukan secara bertahap yaitu analisis stakeholders, analisis pubik, analisis isu, menyusun objektif formal, perencanaan, implementasi dan evaluasi. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Unit observasi dalam penelitian ini adalah CCFI, SBS dan ketiga target sasaran PerpuSeru, yaitu perempuan, pemuda dan pengusaha Usaha Kecil Menengah. Pengamatan yang hanya didasari kedekatan latar belakang budaya tidak cukup untuk memahami karakteristik target sasaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa memahami target sasaran menjadi kunci utama keberhasilan sebuah program.