Pendidikan anak usia dini sebagai kekerasan simbolik (suatu studi kritis terhadap keputusan orang tua) = Early childhood education as symbolic violence a critical (study of parents decision) / Panjaitan, Marlina Evayani
Main Author: | Panjaitan, Marlina Evayani, author |
---|---|
Format: | Masters Bachelors |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2015-3/20388730-T41649-Marlina Evayani Panjaitan.pdf |
Daftar Isi:
- <b>ABSTRAK</b><br> Tesis ini membahas kekerasan simbolik yang dilakukan orang tua lewat keputusan atau tindakan orang tua melibatkan anak-anaknya sejak dini dalam lembaga pendidikan formal maupun informal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan paradigma kritis. Pemilihan narasumber dilakukan secara sengaja (purposive sampling) dengan metode pengumpulan data indepth interview. Fokus penelitian ini untuk mengetahui mengapa orang tua melakukan kekerasan simbolik terhadap anak-anaknya melalu pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan kekerasan simbolik yang terjadi disebabkan karena adanya dorongan yang besar dari ambisi dan kekecewaan orang tua dari serangkaian peristiwa dan situasi yang pernah dialaminya, juga karena adanya ideologi kapitalis yang mewarnai arena dan struktur sehingga mempengaruhi persepsi orang tua dalam bertindak dan membuat keputusan (habitus) dalam ‘pertarungan’ dalam arena. <hr> <b>ABSTRACT</b><br> This thesis discusses the symbolic violence committed parents through parental decisions or actions involving their children early in formal and informal educational institutions. This study is a qualitative research with a critical paradigm. The selection is done deliberately speakers (purposive sampling) with the in-depth interview method of data collection. The focus of this study to determine why parents do symbolic violence against children through early childhood education. The results showed that symbolic violence occurs due to the great encouragement of ambition and disappointment of the parents of a series of events and situations that ever happened, as well as the existence of the capitalist ideology that characterizes the arena and structures that affect the perception of the parents in the act and make decisions (habitus) in the competition in the arena.