Pengelolaan ruang penyimpanan arsip di direktorat jenderal bea dan cukai = records storage management in directorate of customs and excise / Muhammad Fahri Maihesa
Main Author: | Muhammad Fahri Maihesa, author |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2015-10/20388598-S57462-Muhammad Fahri Maihesa.pdf |
Daftar Isi:
- <b>ABSTRAK</b><br> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan ruang penyimpanan arsip di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan kendala apa saja yang dialami oleh staf pusat arsip inaktif Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Informan dalam penelitian ini adalah staf Sub Bagian Tata Usaha dan Kearsipan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Teknik wawancara yang digunakan adalah unstructured interview. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bagaimana pengelolaan ruang penyimpanan arsip di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai tidak sesuai dengan pedoman atau standar yang berlaku. Hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman dan tidak lengkapnya peralatan yang sesuai dengan standar. Kendala yang terdapat di dalam kegiatan penyimpanan adalah lokasi pusat arsip inaktif, peralatan serta pemahaman staf kearsipan. Perlunya perbaikan terhadap bagaimana pengelolaan ruang penyimpanan arsip agar kendala dapat diatasi dan kegiatan penyimpanan menjadi lebih baik dan efektif <hr> <b>ABSTRACT</b><br> This study aims to determine how the management of records storage in the Directorate of Customs and Excise and any constraints experienced by archival’s staff of the Directorate of Customs and Excise. This study use a descriptive approach with qualitative methods. Data was collected by interview, observation, and literature. Informants in this study are staff of Sub Division of Administration and Archives Directorate of Customs and Excise. Interview techniques used are unstructured interviews. These results indicate how the management of records storage in the Directorate of Customs and Excise is not accordance with the applicable guidelines or standards. This happens due to the complete lack of understanding and not according to the standard equipment. Constraints in the storage activity is the location of inactive records center, equipment and lack of understanding in archival’s staff. The management of recods storage improvement are needed, so that obstacles can be resolve and storage activities become more effective