Perbedaan perilaku structuring dalam interaksi ibu-anak usia toddler antara ibu berusia remaja yang mengalami kehamilan di luar pernikahan dan kehamilan terencana = The differnces of structuring behaviour in mother child interaction between planned pregnancy adolescent mother and premarital pregnancy adolescent mother with toddler / Risya Amarilia
Main Author: | Risya Amarilia, author |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
, 2014
|
Online Access: |
http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2015-6/20387285-S56971-Risya Amarilia.pdf |
Daftar Isi:
- <b>ABSTRAK</b> <p>Structuring merupakan salah satu domain dalam interaksi ibu-anak. Structuring merupakan kemampuan orangtua untuk memegang kendali, mengatur batasan, menyediakan lingkungan yang aman, teratur, dan dapat dipahami oleh anak (Lindaman, Booth & Chambers, 2000). Tujuan penelitian adalah untuk melihat perbedaan perilaku structuring pada anak usia toddler antara ibu berusia remaja yang mengalami kehamilan di luar pernikahan dan kehamilan terencana. Enam puluh partisipan dipilih dan diukur dengan menggunakan alat ukur MIMRS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada perilaku structuring dalam kedua kelompok. Faktor usia dan pendidikan terakhir ibu ditemukan menjadi faktor yang lebih menentukan dalam perilaku structuring ibu.</p> <hr> <b>ABSTRACT</b> <p>Structuring is one of the domains in mother-child interaction. Structuring is parent’s ability to take charge, setting the limits, provide safe, comfortable, and understandable environment for children (Lindaman, Booth & Chambers, 2000). The aim of this study is to see the differences of structuring behaviour between premarital pregnancy adolescent mother and planned pregnancy adolescent mother with toodler. Sixty participants were selected and measured by MIMRS. The result shows that there is no significant differences of structuring behaviour between both groups. Maternal age and maternal education attainment has become the most important factors of structuring behaviour.</p>