Penerapan prinsip floor time untuk meningkatkan kemampuan ekspresi verbal pada anak dengan expresive language desorder
Main Authors: | Anita Chandra, author, Add author: Mayke Sugianto Tedjasaputra, supervisor, Add author: Hera Lestari Mikarsa, examiner |
---|---|
Format: | Masters Bachelors |
Terbitan: |
, 2008
|
Online Access: |
https://lib.ui.ac.id/detail?id=20369680 |
Daftar Isi:
- <b>ABSTRAK</b><br> Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pengaruh penerapan prinsip Floor Time pada anak dengan gangguan bahasa ekspresif dan efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan komunikasi verbal. Penelitian dilakukan dengan menerapkan program intervensi kepada anak perempuan berusia empat puluh bulan yang mengalami gangguan bahasa ekspresif {expressive language disorder). Program intervensi dilakukan dalam delapan sesi dengan menerapkan prinsip Floor Time. Tiap sesi berlangsung selama ±45 menit. Keberhasilan intervensi dilihat dengan membandingkan persentase jumlah siklus komunikasi verbal dan jumlah kata-kata bermakna yang berhasil ditampilkan partisipan pada sesi praintervensi dan pasca intervensi Dari hasil intervensi dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) intervensi dengan menggunakan prinsip-prinsip Floor Time dapat meningkatkan kemampuan komunikasi verbal pada anak yang mengalami gangguan bahasa ekspresif, (2) penerapan intervensi dengan menggunakan prinsip Floor Time dapat meningkatkan kemampuan ekspresi verbal anak dengan menggunakan kata-kata yang bermakna, dan (3) penerapan prinsip Floor Time mempengaruhi kemampuan penguasaan kata dan meningkatkan jumlah kosakata anak.