Analisis pengaruh identifikasi diri kepuasan partisipasi dan promosi anggota komunitas terhadap loyalitas merek yang dibangun dalam komunitas virtual (Studi kasus pada Komunitas Virtual ID-Android) = The analysis on effects of self identification satisfaction participation and promotion for community members to build brand loyalty in a virtual community (Case study on Virtual Community of ID-Android) / Agus Hamonangan Marpaung
Main Author: | Marpaung, Agus Hamonangan, author |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20368276-S53565-Agus Hamonangan Marpaung.pdf |
Daftar Isi:
- <b>ABSTRAK</b><br> Skripsi ini bertujuan untuk mengeksplorasi beberapa efek dari variabel dalam komunitas virtual ID-ANDROID. Pengaruh variabel yang terlibat antara lain identifikasi, kepuasan, partisipasi, promosi, dan loyalitas. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan kesimpulan bahwa kepuasan memberikan dampak positif terhadap promosi namun tidak signifikan terhadap partisipasi anggota dalam komunitas virtual. Ditemukan pula bahwa identifikasi anggota memberikan pengaruh positif dan signifikan pada partisipasi dan kepuasan anggota namun tidak pada promosi. Promosi lebih dipengaruhi oleh tingkat kepuasan anggota yang berujung pada loyalitas anggota terhadap komunitas virtual ID-Android. <hr> <b>ABSTRACT</b><br> Objective of this thesis is to explore some effects on virtual community of ID-ANDROID. Involved variables are including identification, satisfaction, promotion and loyalty. Data is processed by using Structural Equation Model (SEM) and it concludes that satisfaction gives a non-significant positive effect on member participation in this virtual community. It also found that member identification gives significant and positive effect to member participation and satisfaction, however, it is not valid on promotion. Promotion is more influenced by member participation level which is end-up to member loyalty on virtual community of ID-Android.