Perancangan strategi e-commerce pada usaha mikro kecil menengah studi kasus buana niaga = Design of e-commerce strategy in micro small and medium enterprises case studies buana niaga
Main Author: | Anwar Fu Adi |
---|---|
Format: | Masters Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Komputer
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2015-12/20349724-T-anwar_fu adi.pdf |
ctrlnum |
20349724 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Perancangan strategi e-commerce pada usaha mikro kecil menengah : studi kasus buana niaga = Design of e-commerce strategy in micro small and medium enterprises case studies buana niaga</title><creator>Anwar Fu Adi</creator><type>Thesis:Masters</type><publisher>Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Komputer</publisher><description>Buana Niaga adalah sebuah UMKM yang bergerak di bisnis ritel. Pada awal
pendirian perusahaan, pemilik mentargetkan payback period maksimal dalam
waktu satu tahun. Namun tren laba operasional yang diperoleh menunjukkan
bahwa target tersebut tidak akan tercapai. Penelitian ini mengkaji bagaimana
strategi Buana Niaga untuk menerapkan e-commerce dengan tujuan memperluas
jangkauan pasar untuk meningkatkan laba operasional.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metodologi kualitatif. Dalam proses
penyusunan strategi, penelitian ini menggunakan pendekatan perumusan strategi
e-commerce Dave Chaffey yang terdiri dari empat tahap. Tahap analisis strategis
dilakukan terhadap kondisi internal dan eksternal secara mikro maupun makro
melalui analisis SWOT. Data dikumpulkan melalui proses observasi, wawancara,
dan studi literatur. Tahap perumusan tujuan strategis dilakukan dengan
merumuskan misi, nilai-nilai, dan visi. Tahap formulasi strategi dilakukan dengan
membuat 8 keputusan keputusan e-commerce. Tahap penyusunan rencana kerja
dilakukan dengan mengikuti kerangka kerja Balanced Scorecard.
Penelitian ini menemukan 3 kekuatan, 5 kelemahan, 18 peluang, 5 ancaman yang
dimiliki oleh Buana Niaga. Analisis terhadap beragam faktor tersebut
menghasilkan 15 sasaran strategis, 21 indikator kinerja, dan 14 inisiatif strategis.
Inisiatif strategis selanjutnya dijabarkan dengan acuan 8 keputusan strategi ecommerce
dan disusun dalam sebuah rencana kerja tahunan.</description><subject>Electronic commerce.</subject><identifier>20349724</identifier><source>http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2015-12/20349724-T-anwar_fu adi.pdf</source><recordID>20349724</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Masters Thesis Thesis:Bachelors |
author |
Anwar Fu Adi |
title |
Perancangan strategi e-commerce pada usaha mikro kecil menengah : studi kasus buana niaga = Design of e-commerce strategy in micro small and medium enterprises case studies buana niaga |
title_sub |
studi kasus buana niaga = Design of e-commerce strategy in micro small and medium enterprises case studies buana niaga |
publisher |
Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Komputer |
topic |
Electronic commerce |
url |
http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2015-12/20349724-T-anwar_fu adi.pdf |
contents |
Buana Niaga adalah sebuah UMKM yang bergerak di bisnis ritel. Pada awal
pendirian perusahaan, pemilik mentargetkan payback period maksimal dalam
waktu satu tahun. Namun tren laba operasional yang diperoleh menunjukkan
bahwa target tersebut tidak akan tercapai. Penelitian ini mengkaji bagaimana
strategi Buana Niaga untuk menerapkan e-commerce dengan tujuan memperluas
jangkauan pasar untuk meningkatkan laba operasional.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metodologi kualitatif. Dalam proses
penyusunan strategi, penelitian ini menggunakan pendekatan perumusan strategi
e-commerce Dave Chaffey yang terdiri dari empat tahap. Tahap analisis strategis
dilakukan terhadap kondisi internal dan eksternal secara mikro maupun makro
melalui analisis SWOT. Data dikumpulkan melalui proses observasi, wawancara,
dan studi literatur. Tahap perumusan tujuan strategis dilakukan dengan
merumuskan misi, nilai-nilai, dan visi. Tahap formulasi strategi dilakukan dengan
membuat 8 keputusan keputusan e-commerce. Tahap penyusunan rencana kerja
dilakukan dengan mengikuti kerangka kerja Balanced Scorecard.
Penelitian ini menemukan 3 kekuatan, 5 kelemahan, 18 peluang, 5 ancaman yang
dimiliki oleh Buana Niaga. Analisis terhadap beragam faktor tersebut
menghasilkan 15 sasaran strategis, 21 indikator kinerja, dan 14 inisiatif strategis.
Inisiatif strategis selanjutnya dijabarkan dengan acuan 8 keputusan strategi ecommerce
dan disusun dalam sebuah rencana kerja tahunan. |
id |
IOS18064.20349724 |
institution |
Universitas Indonesia |
institution_id |
51 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Indonesia |
library_id |
492 |
collection |
Repository Skripsi (open) Universitas Indonesia |
repository_id |
18064 |
city |
KOTA DEPOK |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS18064 |
first_indexed |
2022-12-13T09:16:02Z |
last_indexed |
2022-12-13T09:16:02Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1752207425051557888 |
score |
17.13294 |