Pengaruh infrastruktur dan keterkaitan spasial terhadap konvergensi beta di Indonesia = The effects of infrastructure and spatial dependency on beta convergence in Indonesia / Anisa Fahmi

Main Author: Anisa Fahmi, author
Format: Masters Bachelors
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2013
Subjects:
Online Access: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20349550-T34996-Anisa Fahmi.pdf
Daftar Isi:
  • <b>ABSTRAK</b><br> Dilatarbelakangi kondisi kesenjangan antar wilayah yang terjadi secara persisten, tesis ini menelaah perekonomian Indonesia dalam jangka panjang, apakah akan cenderung konvergen atau justru divergen. Konvergensi ini didasarkan pada teori pertumbuhan Neoklasik Solow yang mengasumsikan adanya diminishing return to capital sehingga pada saat negara maju mencapai kondisi steady state, tingkat pengembalian modal tidak akan mengalami peningkatan lagi meskipun terdapat tambahan investasi. Ketika negara maju mencapai kondisi mapan, negara berkembang akan mengalami pertumbuhan yang terus menerus hingga dapat mengejar ketertinggalannya dari negara maju dan mencapai kondisi mapan. Tesis ini juga memfokuskan pada pengaruh infrastruktur dan keterkaitan spasial karena dalam perspektif ilmu ekonomi regional, setiap wilayah tidak dapat diperlakukan sebagai unit yang berdiri sendiri. Situasi ekonomi dan politik suatu wilayah akan mempengaruhi kebijakan di wilayah tersebut yang juga akan berdampak ke wilayah tetangganya. Berdasarkan uji hipotesis berganda, spatial cross-regressive model lebih tepat digunakan untuk menganalisis proses konvergensi beta bersyarat di Indonesia dibandingkan model klasik. Hasil analisis terhadap model konvergensi beta bersyarat menggunakan metode fixed effect secara konsisten mengonfirmasikan bahwa dalam jangka panjang perekonomian Indonesia akan cenderung konvergen dengan kecepatan 8,08 persen per tahun. Temuan lainnya adalah, infrastruktur jalan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan secara spasial investasi dan infrastruktur jalan juga menunjukkan pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Dengan kata lain, investasi dan infrastruktur jalan suatu wilayah tidak hanya berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi wilayah tersebut tetapi juga terhadap perekonomian wilayah sekitarnya. <hr> <b>ABSTRACT</b><br> Motivated inter-regional disparities condition that occurs persistently, this thesis examines the Indonesian economy in the long term, whether it will tend to converge or diverge. This convergence is based on the Solow Neoclassical growth theory which assumes the existence of diminishing returns to capital so that when the developed countries reach steady state conditions, the return rate of capital will not increase further despite additional investment. When developed countries reach a steady state, developing countries will continuous growth up to ‘catch-up‘ with developed countries and achieve a steady state. This thesis also focuses on the influence of spatial dependency and infrastructure since regional economics perspective, each region can not be treated as a stand-alone unit. Economical and political situation of a region will influence policy in that region which will also have an impact to the neighboring regions. Based on multiple hypothesis testing, spatial cross-regressive model is more appropriately used to analyze the conditional of beta convergence process in Indonesia than the classical models. The results of the conditional beta convergence model using fixed effect method consistently confirmed that the Indonesian economy in the long term will likely converge with a speed of 8.08 percent per year. Other finding is, road infrastructure has a positive effect on economic growth and investment and road infrastructure are spatially showed a positive effect on economic growth. In other words, the investment and the infrastructure of a region not only affect the economic growth of that region but also to the economy of the contiguous region.