Pengaruh kepribadian selebriti terhadap kesesuaian selebriti dengan produk yang dibawakannya dan sikap positif konsumen remaja studi kasus pada grup vokal coboy junior sebagai brand endorser produk teajus PT. Wings Indonesia = The influence of celebrity s perceived personality towards celebrity s suitability and teenager consumer s positive attitude on coboy junior as brand endorser of teajus PT. Wings Indonesia

Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2013
Online Access: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20348133-S52735-Mayang Anggini.pdf
Daftar Isi:
  • [Teh merupakan salah satu komoditas yang sangat penting bagi kehidupan manusia Industri minuman teh di Indonesia memiliki pangsa pasar sebesar 30 berada di bawah industri minuman air mineral yang memiliki pangsa pasar 40 minuman ringan berkarbonasi 20 dan 10 nya diisi oleh pangsa pasar minuman jus Salah satu cara yang dilakukan oleh PT Wings Indonesia dengan menggabungkan minuman teh dan jus dalam satu produk yakni Teajus boleh jadi merupakan salah satu strategi untuk meraih pangsa pasar yang lebih besar di industri minuman di Indonesia Salah satu upaya untuk meningkatkan brand awareness konsumen terhadap produk adalah dengan menggunakan selebriti sebagai brand endorser Agrawal Kamakura 1995 Dalam jurnal terbaru karya Bekk Sp rle 2010 disebutkan bahwa ada variabel lain selain kredibilitas dan daya tarik yang dapat membentuk kesesuaian selebriti tersebut dengan produk yang dibawakannya dan sikap positif konsumen yaitu Kepribadian Perceived Personality Dari permasalahan diataslah yang mendasari dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian selebriti pengaruh kepribadian selebriti tersebut terhadap kesesuaiannya dengan produk yang dibawakannya pengaruh kepribadian selebriti terhadap sikap positif konsumen juga pengaruhnya terhadap kepercayaan dan rasa suka konsumen remaja dengan mengangkat studi kasus Coboy Junior sebagai brand endorser dari produk minuman teh serbuk Teajus Dalam penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan sebelas hipotesis yang akan diuji dengan menggunakan Structural Equation Model SEM dengan menggunakan software LISREL Simplis Project 8 51 Responden yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari responden yang mengetahui Coboy Junior dan mengetahui TVC Teajus versi Coboy Junior sebanyak 1 302 orang Hasil dari pengolahan data SEM untuk model penuh telah memenuhi kriteria goodness of fit sebagai berikut nilai chi square 4105 61 GFI 0 84 AGFI 0 82 NFI 0 89 CFI 0 91 CMIN DF 516 RMSEA 0 073 Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepribadian selebriti perceived personality dapat mempengaruhi kesesuaian selebriti dengan produk yang dibawakannya suitability melalui kepercayaan konsumen terhadap selebriti tersebut trustworthiness sedangkan kepribadian selebriti perceived personality dapat mempengaruhi sikap positif konsumen positive attitude melalui rasa suka konsumen terhadap selebriti tersebut likeability Kata kunci kepribadian selebriti kepercayaan rasa suka kesesuaian sikap positif konsumen , Tea is one of the most important comodity for human rsquo s life Tea in beverage industry has 30 market share in Indonesia under mineral drinking water who has 40 of market share while carbonate drinking water has 20 and 10 left for juice drinking water One way that is done by PT Wings Indonesia by combining tea and juice drinks in one product Teajus may be one of strategy to achieve greater market share in the beverage industry in Indonesia One effort to increase consumer brand awareness of the product is to use a celebrity as a brand endorser Agrawal Kamakura 1995 In a recent journal paper Bekk Sp rle 2010 mentioned that there are other variables besides the credibility and appeal of celebrities who can establish the suitability of the product brought and positive attitude of consumers namely Perceived Personality The underlying problems of this research is to determine the factors that influence the formation of a celebrity perceived personality the influence of the celebrity perceived personality to its suitability with the product that was brought celebrity perceived personality influence positive attitude also affect consumer trustworthiness and consumer likeability of teenager consumers in Indonesia with case study Coboy Junior as a brand endorser of product Teajus the tea powder In this study developed a theoretical model by asking eleven hypotheses to be tested using Structural Equation Model SEM using LISREL software SIMPLIS Project 8 51 Respondents in this study were drawn from respondents who knew Coboy Junior and knowing TVC Teajus Coboy Junior version as much as 1 302 people SEM results of data processing for the full model has met the criteria of goodness of fit as follows the value of chi square 4105 61 GFI 0 84 AGFI 0 82 NFI 0 89 CFI 0 91 CMIN DF 516 RMSEA 0 073 Thus it can be said that this model is feasible to use Results of this study indicate that the celebrity perceived personality may affect the suitability of the product through consumer rsquo s trustworthiness in the celebrity while the celebrity perceived personality can influence consumer rsquo s positive attitudes through a consumer rsquo s likeability Keywords celebrity perceived personality trustworthiness likeability suitability positive attitude of consumers ]