Pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah sebagai upaya mengatasi permasalahan peserta didik studi pada layanan bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Pertama Kristen 4 Penabur Jakarta = The implementation of guidance and counseling as an effort to cope with students problems a study of guidance and counseling service in SMPK 4 Penabur Jakarta / Sibarani, Theodorus Benyamin
Main Author: | Sibarani, Theodorus Benyamin , author |
---|---|
Format: | Masters Bachelors |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20329091-T 32968-Theodorus Benyamin Sibarani.pdf |
Daftar Isi:
- <b>ABSTRAK</b><br> Tesis ini membahas pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMPK 4 Penabur Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiandeskriptif Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan bimbingan dan konseling disekolah merupakan hal yang penting sebagai upaya mengatasi permasalahanpeserta didik Pelaksanaan bimbingan dan konseling dilakukan mulai dari tahapanawal tahapan inti dan tahapan akhir Tahapan awal mencakup upayamengumpulkan informasi peserta didik Tahapan inti mencakup pemberianbantuan kepada peserta didik seperti membangun relasi eksplorasi permasalahandan pemberian solusi alternatif Tahapan akhir merupakan evaluasi kegiatanlayanan yang telah dilakukan Dalam pelaksanaan layanan bimbingan dankonseling di sekolah terdapat faktor pendukung dan penghambat <hr> <b>ABSTRACT</b><br> This thesis explores the implementation of guidance and counseling in SMPK 4Penabur This was a descriptive research using qualitative approach Resultsshowed that the implementation of guidance and counseling in school wereimportant as attempt to cope with students rsquo problems The implementation ofguidance and counseling involved initial stage core stage and late stage Initialstage included efforts to collect students rsquo information Core stage included helpprovision for students such as building relationship exploring problems andproviding alternative solutions Late stage was evaluation of the services that hadbeen done There were supporting and restricting factors during theimplementation