Dampak kebijakan pembatasan konsumsi BBM premium di sektor angkutan darat terhadap perekonomian Indonesia = The impact of consumption restriction policy on premium fuel in land transport sector towards Indonesia?s economy
Main Authors: | Fashihatul Layli, author, Add author: Aris Yunanto, supervisor, Add author: Iman Rozani, examiner, Add author: Nurkholis, examiner |
---|---|
Format: | Masters Bachelors |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
https://lib.ui.ac.id/detail?id=20316261 |
Daftar Isi:
- <b>ABSTRAK</b><br> Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rencana kebijakan pemerintah dalam membatasi konsumsi BBM premium di Sektor Angkutan Darat terutama untuk mobil pribadi pada tahun 2012. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak kebijakan tersebut terhadap perekonomian Indonesia, terutama dampak terhadap output, faktor produksi, sektor produksi, dan distribusi pendapatan rumah tangga. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian menggunakan analisis Sistem Neraca Sosial Ekonomi (SNSE) tahun 2008 sebagai kerangka kerja dan kerangka analisis. Dan untuk menghitung dampak tersebut penulis menggunakan multiplier analysis, Koefisien Gini, dekomposisi pengganda, dan structural path analysis (SPA). Hasil perhitungan dan analisis menunjukkan bahwa pembatasan konsumsi BBM premium di Sektor Angkutan Darat akan memberikan dampak pada penurunan peningkatan output, penurunan peningkatan pendapatan faktor produksi, penurunan peningkatan pendapatan sektor produksi, dan penurunan peningkatan pendapatan institusi rumah tangga. Meskipun demikian, kebijakan ini memberikan dampak pada membaiknya ketimpangan distribusi pendapatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai Koefisien Gini yang lebih rendah ketika konsumsi BBM premium dibatasi daripada sebelum dibatasi. <hr> <b>Abstract</b><br> The research was motivated by a government?s policy plan in restricting consumption of premium fuel in the Land Transport Sector especially for private cars in 2012. The research aims to determine the impact of these policy towards Indonesia?s economy, especially impact on output, factors of production, production sector, and household income distribution. To achieve these objectives, the research was using Social Accounting Matrix (SAM) analysis in 2008 as a framework and an analytical framework. And to calculate these impact, author used a multiplier analysis, the Gini Coefficient, decompotition multiplier and strutural path analysis (SPA). Calculation and analysis results indicate that limitation the volume consumption of premium fuel in the Land Transport Sector will impact on decreasing an addition output, factor income, production sector income, and household income. In spite of the fact that, this policy impact on the improvement of income distribution inequality. It can be seen from the value of the Gini Coefficient that is lower when volume consumption of premium fuel limited than before limited.