Efektivitas iklan layanan masyarakat di televisi dalam mempengaruhi sikap khalayak (Studi pada Mahasiswa FISIP Universitas Indonesia Depok terhadap iklan layanan masyarakat BKKBN versi ?jangan buru-buru?) = Effectiveness of public service announcement in television to influence public attitudes (Study of Faculty of Social Science and Politics University of Indonesia Depok students to BKKBN public service announcement version ?do not rush?)

Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia , 2012
Subjects:
Online Access: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20314172-S43762-Efektivitas iklan.pdf
Daftar Isi:
  • Penayangan iklan layanan masyarakat yang ditujukan kepada khalayak luas idealnya ditayangkan melalui media televisi. Dengan penggabungan elemen gerak, warna, suasana, dan demonstrasi secara bersamaan pada televisi, pesan iklan layanan masyarakat dapat sampai kepada khalayak secara luas dengan penetrasi tinggi. Data yang diperoleh menggunakan metode angket dengan teknik accidental sampling pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia Depok yang merupakan khalayak sasaran program GenRe BKKBN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara iklan layanan masyarakat BKKBN Versi ?Jangan Buru-Buru? terhadap sikap khalayak mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia Depok. Iklan layanan masyarakat BKKBN Versi ?Jangan Buru-Buru? juga cenderung efektif mengubah sikap khalayakmahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia Depok, khususnya pada dimensi pesan. <hr> <b>Abstract</b><br> Publicserviceadverstisementaimed ata broad audienceideallybroadcasted on televisionso thatthrough the incorporation ofelementsof motion, color, atmosphere, andat the samedemonstrationontelevision, publicserviceadvertising messagescan beconveyed to theaudienceextensively withhighpenetration. The studyuses the concept ofexposure toadvertisingandpublicattitudes. The studyusesquantitative approachandisexplanative. Dataobtainedusingthe questionnaire withaccidentalsamplingtechniquesinthe Faculty of Socialand Political Sciences, University of Indonesia Depokwhich is thetargetaudienceBKKBN Genreprogram. The analysis showedthat there issignificant influenceofpublic serviceadvertisement BKKBN version?Do Not Rush? topublicattitudes. It also tends toto effectivelychangepublicattitudes, particulalrly through the dimensions ofthe message.