Persepsi siswa remaja tentang keberadaan sahabat sebagai koping di bimbingan belajar BTA 45 Program Khusus Tebet Jakarta Selatan = Student perceptions about the existence of best friends for coping on tutoring BTA 45 special program Tebet, South Jakarta
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20313499-S43708-Persepsi siswa.pdf |
Daftar Isi:
- Remaja merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa yang disertai dengan perubahan dari berbagai aspek, baik aspek fisik, psikis, maupun psikososial. Perubahan dalam perkembangan remaja secara tidak langsung akan menjadi stresor pada remaja sehingga remaja memerlukan koping untuk mengatasinya, salah satunya adalah keberadaan sahabat di sekeliling remaja. Penelitian ini membahas mengenai persepsi yang dimiliki siswa remaja di bimbingan belajar BTA 45 Tebet Jakarta terkait keberadaan sahabat sebagai koping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa remaja terkait keberadaan sahabat sebagai koping. Metode yang dipakai merupakan metode deskriptif dengan kriteria responden siswa remaja dengan rentang usia 14-18 tahun. Pengambilan sampel digunakan dengan simple random sampling dengan 209 responden. Penelitian ini memberikan gambaran kepada pihak yang terkait dengan perkembangan remaja agar selalu melibatkan sahabat dalam setiap perkembangan di usia remaja. <hr> <b>Abstract</B<br> Adolescent is transition from childhood to adulthood that is accompanied by changes of the various aspects, both the physical, psychological, or psychosocial. Changes in adolescent?s development will indirectly become stressors so that teens need to address coping, one of which is the presence of companions around best friend. This study discusses the adolescent students' perceptions studying BTA 45 Tebet related to the presence of best friend. This study aims to determine adolescent students' perceptions related to the presence of best friends as coping. The method used is descriptive with criteria: teenage student respondents around 14-18 years. The study used simple random sampling technique with 209 respondents. This study provides an overview to every side related to adolescent development in order to always involve best friends for every development in adolescence.