Efektivitas program peningkatan keterampilan sosial pada anak penyandang disabilitas intelektual ringan melalui modifikasi perilaku (modeling dan token economy) = The effectiveness of program in enhancing social skill for mild mental retarded by behavior modification ( modeling and token economy)
Main Authors: | Alfa Restu Mardhika, author, Add author: Lucia Retno Mursitolaksmi, supervisor, Add author: Eva Septiana Barlianto, supervisor, Add author: Wahyu Indianti, examiner, Add author: Puji Lestari Prianto, examiner |
---|---|
Format: | Masters Bachelors |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://lib.ui.ac.id/detail?id=20309000 |
Daftar Isi:
- <b>ABSTRAK</b><br> Banyak anak penyandang disabilitas intelektual ringan mengalami masalah dalam berinteraksi sosial di sekolah. Berdasarkan hal itu, keterampilan sosial merupakan hal yang penting bagi anak disabilitas intelektual ringan untuk dapat berkembang di sekolah inklusi. Salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak disabilitas intelektual ringan adalah dengan pendekatan modifikasi perilaku, terutama menggunakan modeling. Dalam melakukan suatu modifikasi perilaku juga patut dipertimbangkan pemberian penguatan terhadap perilaku baru yang muncul. Salah satu teknik penguatan yang efektif untuk mengajarkan individu disabilitas intelektual ringan ialah melalui token economy. Dalam rangka mengetahui efektivitas program dengan menggunakan modeling dan token economy dalam meningkatkan keterampilan sosial pada penyandang disabilitas intelektual ringan, maka peneliti merancang suatu program dengan menggunakan teknik modifikasi perilaku melalui model simbolik (film kartun) dan penerapan token economy sebagai penguatan perilaku. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kasus tunggal tipe A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial pada subjek saat sebelum dan sesudah pemberian program. <hr> <b>Abstract</b><br> A lot of children with mild mental retardation experience social interaction issue in their school. Therefore, social skills become very important for children with mild mental retardation to develop in the inclusive school. One method that effectively enhancing social skills children with mild mental retardation is through behavior modification approach, especially through modeling. In exercising behavior modification, need to amplify for any new behaviors emerge. On e of amplification method which effectively teaches children with mild mental retardation is through token economy. In terms to know the modeling and token economy program effectiveness in enhancing social skills of children with mild mental retardation, the researcher design a program with behavior modification technique through model approach (cartoon short film) and token economy application as behavior amplifier. The research is using single case type A-B-A design. Research result shows there is an enhancement in social skills on subject after the program.