Perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi jual beli komputer rakitan Studi pada transaksi jual beli komputer rakitan di toko X = The Legal protection on own-assembled computer consumer: Study on the X?s store
Main Author: | Muhammad Fahrian Agam, author |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Hukum Universitas Indonesia
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20308973-S42525-Perlindungan hukum.pdf |
Daftar Isi:
- <b>ABSTRAK</b><br> Penjualan komputer rakitan menunjukkan peningkatan seiring dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan masyarakat. Kurangnya pengetahuan masyarakat akan perkembangan teknologi membuat posisi antara penjual dan pembeli komputer menjadi tidak seimbang. Keinginan untuk mengambil untung sebanyakbanyaknya terkadang membuat penjual melakukan hal-hal yang dapat merugikan konsumen. Penulisan skripsi ini secara umum bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk permasalahan hukum yang mungkin timbul dalam transaksi jual beli komputer rakitan. Secara khusus penulisan skripsi ini juga bertujuan untuk mengetahui pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh Toko X dan tanggung jawabnya serta penyelesaian sengketa yang dilakukan apabila terjadi sengketa konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif yang bersifat deskriptif?analitis, sedangkan metode analisis datanya menggunakan metode kualitatif yang mengacu pada Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen guna menjawab permasalah yang ada. <hr> <b>ABSTRACT</b><br> Sales of own-assambled computer showed an increase in line with technological advances and the needs of the community. Lack of knowledge society developments in technology make the position between seller and buyer ownassambled computers become unbalanced. Sometimes the seller do things that can harm the consumer to take advantage as much as possible. The thesis aims to determine the forms of legal issues that may arise in buying and selling ownassembled computers. In particular, the thesis also aims to determine the violations committed by X?s Store, responsibilities and dispute resolution. The research method is using descriptive-analytical normative juridical approach, and the method of data analysis is using qualitative method refer to the Law Number 8 Year 1999 on Consumer Protection to answer the problems.