Perancangan strategi kompetensi SDM untuk peningkatan kinerja TPM dengan pendekatan metode six-sigma = design of competency strategic in improving TPM performance using six sigma approach

Main Authors: Jauharin Hasanah, author, Add author: Amalia Suzianti, supervisor, Add author: Fauzia Dianawati, supervisor, Add author: Yadrifil, examiner, Add author: Erlinda Muslim, examiner, Add author: Isti Surjandari Prajitno, examiner
Format: Masters Bachelors
Terbitan: Universitas Indonesia , 2011
Subjects:
Online Access: https://lib.ui.ac.id/detail?id=20298803
Daftar Isi:
  • Menerapkan TPM dalam dunia industri sangatlah lekat dengan permasalahan SDM. Beberapa literatur telah mendefinisikan success factor SDM untuk keberhasilan penerapan TPM namun belum ada formulasi khusus yang menghubungkan antara keberhasilan TPM dengan pemberdayaan SDM. Penelitian ini bertujuan merancang sebuah acuan strategi tentang kompetensi dalam meningkatkan kinerja TPM dengan menggunakan pendekatan six-sigma. Dengan pendekatan ini mampu memetakan sistem lanjutan dengan pemecahan permasalahan yang lebih teknis. Kinerja OEE dan availability sebagai indikator keberhasilan TPM dipengaruhi oleh downtime. Penguasaan karakteristik parts kunci merupakan skill utama yang diperlukan untuk mengatasi permasalahan downtime yang selanjutnya digunakan untuk memformulasikan strategi kompetensi SDM termasuk penetapan KPI terkait. <hr> Implementing TPM in industrial world is strongly related to human resource issues. Some literatures has defined that Human Resource as one of success factors for successful implementation but however there are no specific formulations that bridging between successful TPM and empowering HR. This study aims to design a reference of competency strategic in improving the TPM performance by using six-sigma approach. OEE and the availability performances, as the indicator of a successful TPM are affected by downtime. Mastering characteristics of the critical machineries? parts is the primary skill needed for solving the downtime problems that was then formulated to be an HR competency strategic.