Implementasi kebijakan sertifikasi guru pada sekolah menengah atas negeri di Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu = The implementation of teacher certification policy at SMAN in Indramayu regency
Main Authors: | Andhi Suhandi, author, Add author: Sitepu, Masliana P. Bangun, supervisor, Add author: Martani Huseini, examiner |
---|---|
Format: | Masters Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://lib.ui.ac.id/detail?id=20296151 |
Daftar Isi:
- <b>ABSTRAK</b><br> Tesis ini membahas implementasi kebijakan sertifikasi guru pada SMA Negeri di Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu dan faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu Komunikasi, Sumber daya, Sikap para pelaksana, Stuktur Birokrasi organisasi pelaksana, dan Lingkungan sosial ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyarankan bahwa pihak-pihak yang terkait dalam implementasi kebijakan perlu lebih peduli pada kelengkapan dan kejelasan dari isi kebijakan sertifikasi guru; guru perlu memahami maksud dan tujuan sertifikasi sebagai upaya reformasi pendidikan dengan menjadikan guru sebagai suatu jabatan profesi; perlunya perencanaan yang matang, koordinasi dan kinerja yang baik dari para pelaksana yang menangani penyelenggaraan sertifikasi guru. <hr> <b>Abstract</b><br> The research explained the implementation of certification policy and factors that influences of it such as Communication, Resource, Attitude or Disposition, Structure Organization, and Social Economic. The result of the research suggest that the stakeholders in implementing the policy should be more focus on clearity of the policy. The teacher need to understand the purpose of teacher certification as educational reform; accurate planning, coordinating, and good performance need to be set in implementing the policy of teacher certification.