Persepsi Remaja di SMUN 39 Jakarta Timur terhadap isu dimasukkannya pendidikan kesehatan reproduksi dalam kurikulum sekolah
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://lib.ui.ac.id/detail?id=20277185 |
Daftar Isi:
- Saat ini masalah yang terkait dengan kesehatan reproduksi remaja semakin meningkat akibat dari kurangnya pengetahuan remaja tentang fungsi dan kesehatan reproduksinya (Nani Utami Adi, 2005).Tujuan dari penelitian adalah lmtuk mengidentifikasi gambaran persepsi remaja terhadap adanya isu dimasukkannya pendidikan kesehatan reproduksi dalam kurikulum sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMUN 39 Jakarta Timur dengan jumlah responden 76 orang siswa dan siswi. Desain penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif sederhana yang diberikan melalui pertanyaan terstruktur atau kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif univariat dengan menggunakan sistem proporsi dan persentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa remaja memiliki persepsi positif terhadap perlunya pendidikan kesehatan reproduksi masuk dalam kurikulum sekolah. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pemberian informasi tentang kesehatan reproduksi kepada remaja secara akurat dan komprehensif dengan memasukkanya menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah.