Hubungan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada anak usia sekolah dengan motivasi belajar di SD Negeri Pondok Cina 05 Depok

Main Author: Ayu Widya Lestari, author
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia , 2010
Subjects:
Online Access: https://lib.ui.ac.id/detail?id=20276663
Daftar Isi:
  • Motivasi belajar dapat didefinisikan sebagai usaha-usaha seseorang (siswa) untuk menyediakan segala daya (kondisi-kondisi) untuk belajar sehingga ia mau atau ingin melakukan proses belajar. Melalui penerapan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Depkes RI bermaksud dapat meningkatkan semangat (motivasi) belajar siswa. Lingkungan sekolah dan keadaan diri anak merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara PHBS dengan motivasi belajar siswa di SD, sehingga metode penelitian adalah deskriptif koreIasional. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang berasal dari kelas 3, 4, 5 dan 6 SDN Pondok Cina 05 yang dipilih secara random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 40% responden yang berperilaku bersih dan sehat yang baik memiliki motivasi belajar yang tinggi dan 36% responden yang berperilaku bersih dan sehat yang buruk memiliki motivasi belajar yang rendah pula. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada hubrmgan antara perilaku hidup bersih dan sehat dengan motivasi belajar pada siswa SD (a= 0,05 ; P value= 0,000).