Hubungan perilaku caring yang dilakukan perawat dengan tingkat kepuasan klien di ruang rawat inap Siloam Hospital Lippo Karawaci

Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia , 2008
Subjects:
Online Access: https://lib.ui.ac.id/detail?id=20276625
Daftar Isi:
  • Perilaku caring perawat yang merupakan inti dari keperawatan mempunyai tujuan memahami sikap dan kebutuhan serta keinginan klien. Hal ini sangat berhubungan erat dengan tingkat kepuasan klien. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif korelasi untuk mengidentifikasi adanya hubungan antara perilaku caring yang dilakukan perawat dengan tingkat kepuasan klien. Sampel dari penelitian ini sebanyak 105 orang diambil di ruang rawat inap Siloam Hospital Lippo Karawaci. lnstrumen penelitian menggunakan kuesioner yang dimodifikasi dari The Measuring of Nurse Caring Behavior (MNCB) sebanyak 50 item pemyataan. Data diolah menggunakan distribusi frekuensi dan uji chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perawat yang melakukan caring (53,3%) cenderung seimbang dengan perawat yang tidak caring (46,7%). Sedangkan untuk tingkat kepuasan didapatkan 86,7% klien memsa puas dan 13,3% tidak merasa puas. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara perilaku caring yang dilakukan perawat dengan tingkat kepuasan klien. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengukuran nilai P value (0,00) < 0,05.