Silabus pengajaran bahasa indonesia bagi penutur asing di Universites Trisakti = Syllabus for Indonesian language teaching for foreigner at Trisakti University Jakarta

Main Authors: Lucia Tyagita Rani Caesara, author, Add author: Rahayu Surtiati Hidayat, supervisor, Add author: Sisilia Setiawati Halimi, examiner, Add author: Grace Josephine Tiwon Wiradisastra, examiner
Format: Masters Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia , 2011
Subjects:
Online Access: https://lib.ui.ac.id/detail?id=136577
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah membuat rancangan silabus BIPA untuk tujuan akademik umum berdasarkan analisis kebutuhan pemelajar. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, wawancara, pengisian kuesioner, dan penelaahan laporan pengajaran. Hasil analisis dari penelitian menunjukkan bahwa pemelajar memerlukan silabus gabungan untuk dapat mengakomodasi kebutuhan berbahasa mereka. Silabus gabungan yang disusun berperan membekali pemelajar untuk mengikuti perkuliahan reguler di universitas. <hr>The aim research is to make a BIPA syllabus for general academic purposes based on student?s needs analysis. This research use a qualitative method. Technique in collecting data with observation, interview, questionnaires, and analysis on teaching report. Analysis from the research showed that student needs a mixed syllabus to acomodate their language needs. The syllabus? role is to give tools for student to join a regular course at university.