KEMAMPUAN KONEKSI SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN ANALOGI MATEMATIS DALAM MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Main Authors: Viniarsih, ., ., Sugiatno, ., Bistari
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9987
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9987/9753
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kemampuan koneksi matematis yang ditinjau dari kemampuan analogi matematis siswa yang dikaji menurut tingkat kemampuan dasar siswa dalam materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah 6 orang siswa kelas IX SMP Negeri 11 Pontianak tahun pelajaran 2014/2015. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis ditinjau dari analogi matematis siswa kelompok atas dalam termasuk dalam kategori cukup, siswa kelompok tengah dikategorikan kurang dan siswa kelompok bawah sangat kurang. Kecenderungan koneksi matematis siswa memiliki kemampuan koneksi sangat baik, namun tidak pada kemampuan analogi. Kesulitan dalam menganalogikan kesamaan hubungan dalam pola dan sifat bangun ruang Kata kunci : Wawancara Mendalam, Koneksi matematis, Analogi Matematis Abstract: This research aims to explain how mathematical connection perceived by mathematical analogy students to survey based level basic ability of flat-sided matherial solides. The research method that used in descriptive. The study sample is 6 student in grade IX SMP Negeri 11 Pontianak in the lesson 2014/2015. The results of data analysis showed that mathematical connection perceived by mathematical analogy students for the students in the group over is enough, students who are in the middle group of students classified is low and students who were in the bottom is very low. The tendency of mathematical connection was very good, however not in mathematical analogy. Difficulties of analogy sameness in design and characteristic of flat-sided matherial solides Keywords: Deep Interview, Mathematical Connection, Mathematical Analogy