PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 8 PONTIANAK

Main Authors: Suliati, ., ., Wahyudi, Suib, Masluyah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9952
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9952/9731
Daftar Isi:
  • Abstract : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Kompetensi Profesional guru di SMA Negeri 8 Kota Pontianak dalam meningkatkan kualitas para pendidiknya (Guru). Penelitian ini merupakan jenis penelitian Studi Kasus dengan menggunakan metode Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengembangan Kompetensi profesional guru di SMA Negeri 8 Kota Pontianak dalam meningkatkan kualitas para pendidiknya (Guru). Melalui kegiatan seminar, workshop, MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), dan Supervisi yang dilakukan oleh Pengawas dan Kepala Sekolah. Hasilnya bagi guru menunjukkan bahwa guru menjadi semakin percaya diri dalam melaksanakan tugas, bagi siswa : (1) Siswa dapat mengaplikasikan teori dan mevisualisasikan konsep yang dipelajarinya. (2) siswa dapat memahami hakikat, mengidentifikasi, ruang lingkup suatu ilmu pengetahuan. (3) Siswa dapat memahami keterkaitan ilmu yang dipelajari. (4) Siswa dapat mempraktekan konsep atau teori, menganalisa perma- salahan dalam keseharian. Kata Kunci : Profesional guru, Pengembangan Abstract: This study aims to determine the development of professional competence of teachers in SMA 8 of Pontianak in improving the quality of educators (teachers). This research is a case study research using observations, interviews, and documentation. Purpose of research to professional competence development of teachers in SMA 8 of Pontianak in improving the quality of educators (teachers). Through seminars, workshops, MGMP (Council Subject Teacher), and supervision conducted by the Supervisor and Principal. The results for the teachers showed that teachers become more confident in carrying out the task, the student: (1) Students are able to apply theory and concepts learned mevisualisasikan. (2) students can understand the nature, identify, scope of science. (3) Students can understand the interrelatedness of knowledge learned. (4) Students can practice the concept or theory, analyze problems in everyday life Keywords: Professional teachers, Development