PENGARUH MINAT BELAJAR DAN STATUS SOSIAL ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Main Authors: Yuliani, ., ., Herkulana, ., Warneri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9868
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9868/9664
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Hasil penelitian 1. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar Ekonomi Siswa, dengan nilai koefisien korelasi 0,845 artinya memiliki pengaruh yang kuat. 2. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan status sosial orang tua siswa terhadap hasil belajar Ekonomi siswa, dengan nilai koefisien korelasi 0,744 artinya memiliki pengaruh yang cukup kuat dan 3. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan status sosial orang tua siswa terhadap hasil belajar Ekonomi siswa, dengan nilai koefisien korelasi simultan nilai F adalah 71,237 . Sedangkan nilai F tabel pada tingkat signifikan 0,05 dengan df (n-k-1) = 41-2-1 = 38 sebesar 3,252. Ini berarti minat belajar dan status sosial orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar Abstract: This research use descriptive method with quantitative approach, and population in this research is entire/all class student X. Result of research 1. There are influence which are positive and signifikan among/between enthusiasm learn student to result learn Economics Student, with its 0,845 meaning correlation coefficient value have strong influence 2. There are influence which are positive and social status signifikan of student old fellow to result learn Economics student, with its 0,744 meaning correlation coefficient value have influence which strong enough and 3. There are influence which are positive and signifikan among/between enthusiasm learn and social status of student old fellow to result learn Economics student, with f value simultan correlation coefficient value is 71,237 . While f value of is tables of at signifikan storey; level 0,05 with df ( n-k-1) = 41-2-1 = 38 equal to 3,252. This means enthusiasm learn and social status of old fellow have an effect on positive and signifikan to result learn student at economic subject. Keyword: Enthusiasm Learn, Result Learn.