PENINGKATAN MEMBACA JARAK INTERVAL MENGGUNAKAN LAGU MODEL PADA SISWA KELAS VII SMP

Main Authors: Suhada, ., ., Ismunandar, Indrapraja, Diecky Kurniawan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9853
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9853/9647
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang belum terampil dalam membaca interval nada dan saat menyanyikan lagu, siswa hanya menyanyikan berdasarkan tangga nada dan tidak memperhatikan interval nada yang ada pada lagu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar siswa setelah peningkatan keterampilan dalam pembelajaran interval nada dengan pendekatan lagu model padasiswa SMP Negeri 1 Sungai Raya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tempat pelaksanaan penelitian tindakan ini di SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII C yang terdiridari 36 orang, 16 laki-laki dan 20 orang perempuan. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah unjuk kerja keterampilan (praktik) dengan instrumen lembar unjuk kerja, observasi dengan insrtrumen lembar observasi, dn dokumentasi dengan instrumen hasil dokumentasi. Adapun kriteria keberhasilan PTK ini adalah jika terjadi peningkatan keterampilan siswa dalam membaca jarak interval nada melalui lagu model yaitu bilamana dari hasil penilaian unjuk kerja keterampilan 85% siswa mencapai nilai 3 75. Hasil penelitian penelitian menunjukkan proses pelaksanaan pembelajaran terlaksana sesuai rencana yaitu pada siklus I sebesar 100% dan pada siklus II sebesar 100%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 58,54% dengan rata-rata nilai sebesar 71,19 dan pada siklus II meningkat menjadi 87,80% dengan nilai rata-rata 76,52. Dengan demikian penggunaan lagu model dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran interval nada. Kata kunci: membaca jarak interval, lagu model Abstract: This research is motivated by a student who is not skilled in reading intervals and tone while singing the song, the students just sang based scales and do not pay attention to the tone interval is on track. The purpose of this study is to describe the process and outcomes of student learning after learning skills improvement in tone intervals with the approach track padasiswa models of SMP Negeri 1 Sungai Raya. This research is a class act. The Place of the implementation of this action research in SMP Negeri 1 Sungai Raya Kubu Raya. Research subjects are students of class VII C Consist of 36 people, that isi 16 men and 20 women. Stages of the study consisted of planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques used are performance skills (practice) with the performance sheet instruments, observation by observation sheet insrtrumen, dn documentation with documentation outcome instruments. The criteria for the success of this PTK is if there is an increase in students' skills in reading distance intervals through the tone of the song when the model is performance skills assessment results is 85% of students achieving grades is 3 75. The results of research show the implementation of the learning process is carried out according to plan in the first cycle is 100% and in the second cycle is 100%. Completeness student learning outcomes in the first cycle of 58.54% with an average value is 71.19 and the second cycle increased to 87.80% with an average value is 76.52. Thus the use of the song the model can improve the skills of students in tone intervals. Keywords: reading distance interval, tune the model