MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE JIGSAW DI SMP
Main Authors: | Irbawardani, Tri, Sanulita, Henny, Indrapraja, Diecky Kurniawan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9852 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9852/9649 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah pendeskripsian peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif dengan metode jigsaw pada materi mengidentifikasi jenis lagu daerah setempat siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Pemangkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pada siklus I, hasil belajar siswa diukur berdasarkan kriteria ketuntasan belajar perorangan, yang berupa tes praktik lagu daerah setempat. Pada siklus II pengambilan hasil belajar siswa berupa tes praktik menyanyikan lagu “Alog Galing”. Kriteria penilaian penguasaan lagu dan kekompakan. pada siklus I secara klasikal dengan nilai rata-rata 69,11 dengan persentase ketuntasan siswa 66,67% berarti nilai tersebut di bawah KKM, Pada siklus II, hasil tes praktik dengan menyanyikan lagu “Alog Galing” secara individu dengan nilai rata-rata 78,70 dengan persentase ketuntasan siswa 81,48% berarti nilai tersebut di atas KKM. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pemangkat Kabupaten Sambas. Kata Kunci : Metode Jigsaw, lagu daerah. Abstract: The purpose of this study is the description of improving student learning outcomes through cooperative learning jigsaw method to identify the type of song material locally D eighth grade students of SMP Negeri 2 Pemangkat. The method used in this research is descriptive method. This research is a class act. In the first cycle, student learning outcomes measured by the criteria of individual mastery learning, which is a practice test track local area. In the second cycle making student learning outcomes in the form of test practice singing the song "ALOG Galing". The evaluation criteria for tenure track and compactness. in the first cycle in the classical style with an average value of 69.11 with 66.67% percentage of student mastery means that value under KKM, In the second cycle, the test results with the practice of singing the song "ALOG Galing" individual with an average value of 78 , 70 with a percentage of 81.48% student mastery means the value is above the KKM. The conclusion of this study is the use of the Jigsaw method can improve student learning outcomes Junior High School eighth grade 2 Pemangkat Sambas district. Keywords: Methods of Jigsaw, folk songs