UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH MELALUI PENDEKATAN MEDIA BOLA KARET PADA SISWA KELAS V SD

Main Authors: ., Gunawan, Yunitaningrum, Wiwik, Purnomo, Edi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9837
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9837/9625
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9837/pdf
Daftar Isi:
  • Abstract : The problem of this research is whether the media approach to learning using a rubber ball can improve learning outcomes of passing under a volleyball on student V SD Negeri 08 Mentibar Kabupaten Sambas. The purpose of this research is to determine whether the media approach rubber ball can improve learning outcomes of students passing under volleyball. Forms of research used in this research is the Classroom Action Research (CAR). Classroom Action Research (CAR) was conducted in two cycles. Where each cycle includes planning, action, observing, and reflecting. Where the research was conducted in SD Negeri 8 Mentibar Kabupaten Sambas and the research subjects were all students of Class V SD Negeri 08 Mentibar Kabupaten Sambas consisting of 22 persons. Data was analyzed using descriptive statistics. Of passing the test results under volleyball, known to the average value of the Pre Implementation of 67.32 while the average value in the first cycle at 71 and on to the second cycle is equal to 80. This shows that the media approach to learning by using a rubber ball can improve learning outcomes passing under a volleyball on student V SD Negeri 08 Mentibar Kabupaten Sambas. Keywords : media approach rubber ball , passing under volleyballAbstrak : Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran menggunakan pendekatan media bola karet dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas V SD Negeri 08 Mentibar Kabupaten Sambas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan media bola karet dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli siswa. Bentuk Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dimana setiap siklusnya meliputi planning, action, observing, dan reflecting. Tempat penelitian dilaksanakan di SD Negeri 08 Mentibar Kabupaten Sambas dan subjek penelitian adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri 08 Mentibar Kabupaten Sambas yang terdiri dari 22 orang. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Dari hasil tes passing bawah bola voli, diketahui rata-rata nilai Pre Implementasi sebesar 67,32 sedangkan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 71 dan pada siklus ke II yaitu sebesar 80. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan media bola karet dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas V SD Negeri 08 Mentibar Kabupaten SambasKata kunci : pendekatan media bola karet, passing bawah bola voli