UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN ENGKLEK DI SDN
Main Authors: | ., Wartini, Purnomo, Edi, Yunitaningrum, Wiwik |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9824 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9824/9607 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9824/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswadalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melaluipendekatan permainan engklek pada siswa kelas IV SDN 39 Sekura MensungaiKabupaten Sambas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus tindakan.Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV tahun pelajaran 2014/2015 yangberjumlah 22 siswa. Dari hasil penelitian tindakan yang dilakukan diketahuiPerbaikan ketuntasan hasil belajar dari prasiklus sebesar 32%, siklus I sebesar68% dan siklus II sebesar 95%, hal ini menunjukkan terjadi perubahan yangpositif dan sangat bermakna.Kata Kunci: Permainan Engklek, hasil belajar dan lompat jauh gayajongkokAbstract: About problem in this research is its low learned yielding student inbroad jump learning inspires squat. To the effect of observational it is subject tobe know result step-up studies squat style broad jump via engklek's gameapproaching on student brazes IV. SDN 39 one Mensungai's tortoise Sambas'sRegencies. Method that is utilized in this research is Observational Action braze(PTK) by use of two action cycles. Subjek is research is exhaustive student brazeIV. school year 2014 / 2015 total one 22 students. Of action research result thatdoes to be known thoroughness repair usufructs to study from prasiklus as big as32%, i. cycle as big as 68% and cycles II. as big as 95%, it points out to happenchanging positive one and so wherewith.Keywords: Game Engklek, learned result and squat styled broad jump