PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISW DALAM PEMBELAJARAN IPAMENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Authors: Sirait, Emmelia, Marli, Suhardi, Kresnadi, Hery
Format: Article info application/pdf eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/975
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/975/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak : Judul penelitian ini adalah Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaram IPA Menggunakan Metode Eksperimen pada siswa SD . Penelitian bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui kejelasan penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi fungsi alat indera dan pemeliharaanya dalam pembelajaran IPA di IV SD Abdi Agape Siantan. Metode penelitianyang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Dari hasil penelitian dan pembahasan bahwa Penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SD Abdi Agape Pontianak Utara. Hasil analisis pada siklus I nilai rata-rata 63,89 dan pada siklus II nilai rata-rata 92,59 yang berarti ada selisih kenaikan hasil belajar siklus I dibandingkan siklus II sebesar 28,70 atau 44,92%. Kata Kunci : Metode Eksperimen, Peningkatan, Aktivitas Belajar. Abstract: The title of this research is "Improving Student Learning Activity Using Method In a Learning Science Experiments on elementary school students." The study aims to determine to determine the clarity of the use of experimental methods to enhance student learning activities in the material sense organ function and pemeliharaanya in learning science in elementary Agape Siantan IV. Penelitianyang method used is descriptive method to form a class action research. From the research and discussion that the application of the experimental method can improve student learning activities in the teaching of Natural Sciences in the fourth grade Abdi Agape of North Pontianak. The results of the analysis in the first cycle average value of 63.89 and the second cycle average value of 92.59, which means there is a difference increases learning outcomes compared to the first cycle second cycle of 28.70 or 44.92%. Keywords : Experimental Methods, Improvement, Learning Activity.